PENGARUH LAYANAN INFORMASI TEKNIK CINEMA THERAPY BERBASIS PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN SELF-EFFICACY SISWA MTS AL – WASHLIYAH

Authors

  • Nadila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ira Suryani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ahmad Syarqawi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

Layanan Informasi, Cinema Therapy Berbasis Pendidikan Islam, Self-Efficacy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efikasi diri siswa MTs Al-Washliyah beberapa waktu lalu dan setelah diberikan perlakuan khusus layanan informasi berbasis pendidikan Islam dan untuk mengetahui dampak dari perlakuan khusus layanan informasi berbasis pendidikan Islam terhadap peningkatan efikasi diri siswa MTs Al-Washliyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi terdiri dari 101 siswa kelas VIII di MTs Al-Washliyah. Sampel yang dipilih dengan menggunakan strategi purposive sampling adalah 31 siswa kelas VIII-C. Hasil yang diperoleh dari penyelidikan menunjukkan bahwa efikasi diri siswa kelas VIII-C MTs Al-Washliyah sebagai kelompok uji coba yang beberapa waktu lalu diberikan perlakuan khusus layanan informasi adalah 80,64% siswa kelas VIII-C MTs Al-Washliyah memiliki efikasi diri yang rendah dan 19,36% memiliki efikasi diri yang tinggi. Efikasi diri siswa kelas VIII-C MTs Al-Washliyah setelah diberikan perlakuan, khususnya layanan informasi metode cinema therapy berdasarkan instruksi Islam, terdapat 16,12% siswa kelas VIII-C MTs Al-Washliyah yang memiliki efikasi diri tinggi dan 83,88% yang memiliki efikasi diri tinggi. Terdapat dampak dari layanan informasi strategi perlakuan cinema therapy berdasarkan instruksi Islam dalam memperluas efikasi diri siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05, yang menyiratkan bahwa ada dampak yang perlu diperhatikan beberapa waktu setelah melakukan (pre-test) layanan informasi strategi cinema therapy berdasarkan instruksi Islam dan setelah melakukan (post-test) layanan informasi strategi cinema therapy  berdasarkan instruksi Islam terhadap kecukupan efikasi diri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daulay, N. (2022). Psikologi Pendidikan. Perdana Publishing.

Dewi, F. N. R. (2021). Konsep Diri pada Masa Remaja Akhir dalam Kematangan Karir

Siswa. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 5(1), 46–62.

https://doi.org/10.21043/konseling.v5i1.9746

Gusman, W., Sholih, & Prabowo, A. S. (2023). Profil Harga Diri Siswa SMK Nasyrul Ulum

Kota Pandeglang. Diversity Guidance and Counseling Journal, 1(2), 51–65.

Hairida. (2017). Pengembangan Instrumen Untuk Mengukur Self Efficacy Siswa Dalam

Pembelajaran Kimia . Edusains, 9(1), 53–59.

Ma’aliy, M. D. (2024). Pengaruh self efficacy terhadap kecemasan berbicara di depan umum

pada siswa SMA Islam Nusantara. niversitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Muahor, M., & Yulianto, D. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Geomath, 2(2), 65. https://doi.org/10.55171/geomath.v2i2.868

Nur, A. (2020). Peran Guru Bk Dalam Mengatasi Penyalahgunaan Media Sosial Pada Siswa

Di Kecamatan Walenrang Utara Dan Lamasi. Jurnal Panrita, 1(1), 31–40.

https://doi.org/10.35906/panrita.v1i1.130

Rosidah, A. (2017). Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa

Underachiver. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 154. https://doi.org/10.26638/jfk.53.2099

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Syahfitri, Nurbaiti, & Inayah, N. (2023). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi,

Kualitas Pelayanan Pada Sistem Enterprise Resource Planning Terhadap Kepuasan

Pengguna. MOTIVASI : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 8(2), 89–100.

Syarqawi, A., Aulia, M., Nadila, Rezeki, S., & Rahmayani, H. D. (2023). Pelaksanaan

Layanan Informasi Bimbingan Konseling Guna Mencegah Stunting Pada Masyarakat. .

JBKI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling , 8(1), 1–6.

Trisnawati, T. Y. (2016). Fashion sebagai Bentuk Ekspresi Diri dalam Komunikasi. Jurnal

The Messenger, 3(2), 36. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.268

Yuliyani, R., Handayani, S. D., & Somawati, S. (2017). Peran Efikasi Diri (Self-Efficacy)

dan Kemampuan Berpikir Positif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2228

Downloads

Published

20-09-2024

How to Cite

Nadila, Ira Suryani, & Ahmad Syarqawi. (2024). PENGARUH LAYANAN INFORMASI TEKNIK CINEMA THERAPY BERBASIS PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN SELF-EFFICACY SISWA MTS AL – WASHLIYAH . Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 6(2), 79–90. Retrieved from https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/1431