PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V
Keywords:
Model Pembelajaran, Model Problem Based Learning, Berpikir KritisAbstract
Kurangnya variasi metode pembelajaran mengakibatkan murid tidak aktif dan nilai keahlian berpikir kritis murid minim. Dengan adanya masalah tersebut perlu Upaya guru menggunakan sebuah model belajar yang membangun ialah model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikur kritis murid. Pengkajian ini bertarget gune mengamati dampak model belajar problem based learning pada kemampuan berpikir kritis murid. Pengkajian ini bermetode kuantitaf secara berdesain pre-experimental dan pengkajian ini bersampel murid kelas V SD Islam Darussalam Surakarta. Untuk penghimpunan datanya memakai tes, observasi, serta dokumen. Perolehan pengkajian ini ditarik simpulan bila dengan memakai model belajar problem based learning ada pengaruh pada kemampuan berpikir kritis murid kelas V Mata Pelajaran IPAS SD Islam Darussalam Surakarta. Diberi fakta dari sig (2 tailed) < 0,05 ialah 0,000 dan perolehan thitung sebesar 12,295 > ttabel sebesar > 2,055. Diasumsikan Ho ditolak serta Ha diterima, sebutan lainnya membenarkan hipotesis bila terdapat dampak signifikan pemakain model belajar problem based learning pada kemampuan berpikir kritis kelas V SD Islam Darussalam Surakarta tahun pelajaran 2023/2024.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Fitria Ariani, Resti. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem based learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Muatan IPA.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran 4, no. 3 (2020): 422–32.
Nafi’ah, Jamilatun, Dukan Jauhari Faruq, and Siti Mutmainah. “Pembelajaran Pada Karakteristik Kurikulum Merdeka Belajar Di Madrasah Ibtidaiyah.” Auladuna 5, no. 1 (2023): 1–12. https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/index
Piaget, Jean. The Psychology of The Child . Universitaries de France, 1969.
Prihono, Eko Wahyunanto, and Fitriatun Khasanah. “Pengaruh Model Problem based learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII SMP.” EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 8, no. 1 (May 2, 2020). https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.7078.
Quraisy, Andi. “Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov Dan Saphiro-Wilk.” J-HEST: Jaounal of Helth Education Economics, Science, and Technology 3 (2020): 7–11.
Rachmawati, Nurul Yuli, and Brillian Rosy. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem based learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP Di SMK Negeri 10 Surabaya.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 9, no. 2 (2021): 246–59. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap.
Salamun, Ana Widyastuti, Syawaluddin, Rini Nafsiati Astuti, Iwan, Janner Simarmata, Ester Julinda, et al. Model - Model Pembelajaran Inovatif. Lampung: Yayasan Kita Menulis, 2023.
Sofyan, Herminarto, Wagiran Kokom, and Komariah Endri Triwiyono. Problem based learning Dalam Kurikulum 2013, 2017.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuntitatif, Kulitatif Dan R&D. Edited by Sutopo. 2nd ed. Bandung: ALFABETA,cv, 2020.
Syamsidah, and Hamidah Suryani. Buku Model Problem based learning (PBL). 1st ed. Yogyakarta: Deep Publish, 2018.
Rahman, A., & Ristiana, E. (2020). Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN 30 Sumpangbita (Vol. 4, Issue 1).
Utama, K. H., & Kristin, F. (2020). Meta-Analysis Pengaruh Model Pembelajaran Problem based learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 889–898. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.482
Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian (1st ed., Vol. 2).
Rajawali Pers. Sofri Fikri Arif, D., & Nur Cahyono, A. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Model Problem based learning (PBL) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom.