PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V

Authors

  • Feni Nur Azaria Universitas Slamet Riyadi
  • Anggit Grahito Wicaksono Universitas Slamet Riyadi
  • Sarafuddin Universitas Slamet Riyadi

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share,, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Pengkajian ini bertarget guna mengamati terdapat tidaknya dampak model belajar kooperatif tipe Think Pair Share pada kemampuan berpikir kritis untuk pelajaran IPAS murid kelas V SD N Gandekan Surakarta Tahun Pelajaran 2023/2024. Pengkajian ini berjenis kuantitatif yang berdesain one group pretest posttest. Total populasi dipengkajian ini sejumlah 28 murid. Untuk menganalisa data dipengkajian ini memakai pengujian prasyarat normalitas Shapiro Wilk, serta pengujian hipotesis memakai paired sample t test. Melalui perolehan analisa data statistic memakai media SPSS versi 26 didapati kisaran awal dilaksanakanya treatment yang hasilnya sejumlah 61,3 serta sesudah dilaksanakan treatment memperoleh 78,6. Dari pengujian paired sample t test mendapati sign sejumlah 0,000, dimaknai 0,000 < 0,05. Sehingga hipotesis menjabarkan bila terdapat dampak model belajar kooperatif tipe Think Pair Share pada kemampuan berpikir kritis terhadap pembelajaran IPAS kelas V SD N Gandekan Surakarta tahun pelajaran 2023/2024 dapat diterima kebenarannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahyar, Dasep Bayu, Ema Butsi Prihastari, Rahmadsyah, Ratna Setyaningsih, Dwi Maryani Rispatiningsih, Yuniansyah, Luvy Sylviana Zanthy, dkk. Model-Model Pembelajaran. Pradina Pustaka, 2021.

Asmani, Jamal Ma’mur. Tips Efektif Cooperative Learning: Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Tidak Membosankan. DIVA PRESS, 2016.

Aulia, Nur. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Siswa Kelas V Sdn Bintara Vi Bekasi Barat,” 2020.

Dewi, Aulia Shinta, Imaniar Purbasari, dan Khamdun Khamdun. “Pengaruh Model Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Tema Pahlawanku Kelas Iv Sd Unggulan Muslimat Nu.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 2, no. 1 (1 Juli 2019). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.3060.

Lestari, Endang Puji. Model Pembelajaran Think Pair Share Solusi Menumbuhkan Keberanian Berpendapat. Penerbit P4I, 2023.

Meilana, Septi Fitri, Nur Aulia, Zulherman Zulherman, dan Galih Baskoro Aji. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 1 (1 Desember 2020): 218–26. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.644.

Prasetya, Annas Bagus, Zainal Arifin, dan Siska Pratiwi. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kerjasama Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Uptd Sd Negeri Longkek 4 Galis” 08 (2023).

Suciono, Wira. Berpikir Kritis (Tinjauan Melalui Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik dan Efikasi Diri). Penerbit Adab, 2021.

Sugiyono. Metode Penelitian. ALFABETA, 2018.

Sulistio, Andi, dan Nik Haryanti. Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). Eureka Media Aksara, 2022. https://repository.penerbiteureka.com/ms/publications/408751/.

Tumanggor, Mike. Berfikir Kritis : Cara jitu menghadapi tantangan pembelajaran abad 21. Gracias Logis Kreatif, 2021.

Wicaksono, Anggit Grahito. Belajar Dan Pembbelajaran. UNISRI Press, 2020.

Downloads

Published

20-09-2024

How to Cite

Feni Nur Azaria, Anggit Grahito Wicaksono, & Sarafuddin. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 6(2), 114–123. Retrieved from https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/1467