MULTIMODALITAS PADA LAGU “RUMAH” KARYA SALMA SALSABIL (KAJIAN ANALISIS WACANA MULTIMODAL)

Authors

  • Dini Pratiwi UNIVERSITAS PGRI WIRANEGARA
  • M. Bayu Firmansyah Universitas PGRI Wiranegara
  • Ilmiyatur Rosidah Universitas PGRI Wiranegara

Keywords:

Lagu, Multimodalitas, Analisis wacana multimodal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis multimodalitas dalam lagu “Rumah” melalui pendekatan analisis wacana multimodal. Multimodalitas merujuk pada penggunaan berbagai mode komunikasi seperti teks, visual, dan audio yang bersinergi untuk menyampaikan makna secara lebih komprehensif. Lagu “Rumah” dipilih sebagai objek kajian karena lagu ini menggambarkan ekspresi emosional yang mendalam melalui lirik, musik, dan elemen visual yang terkandung dalam video musiknya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menganalisis lirik, melodi, instrumen musik, serta elemen visual yang terdapat dalam video musik “Rumah”. Hasil analisis menunjukkan bahwa lagu ini memanfaatkan multimodalitas secara efektif untuk menyampaikan pesan tentang pentingnya rumah sebagai tempat kembali yang penuh makna dan emosi. Penggunaan warna, ekspresi vokal, dan komposisi visual dalam video musik turut memperkuat makna yang ingin disampaikan oleh Salma Salsabil. Temuan ini menunjukkan bagaimana elemen-elemen multimodal dalam lagu dan video musik dapat bekerja secara sinergis untuk menciptakan pengalaman emosional yang mendalam bagi pendengar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiawan, Budi Irawanto, Dewi Candraningrum, Faruk, Kris Budiman, P. Ari Subagyo, Rachmi Diyah Larasati, Ratna Noviani, & S. Bayu Wahyono. (2018). Hamparan wacana : dari praktik ideologi, media hingga kritik poskolonial (Wening Udasmoro, Ed.). Penerbit Ombak.

Muliani, S., Jum, A., & Nur Ali, K. (2022). International Journal of Linguistics, Literature and Translation A Multimodal Discourse Analysis of “Lathi” Song. https://doi.org/10.32996/ijllt

Kress, G. R., & van Leeuwen, T. (2001). Multimodal discourse : the modes and media of contemporary communication. Arnold.

Jewitt, C., & Kress Gunther. (2003). Multimodal Literacy (Vol. 4). New York, Bern, Berlin, Bruxelles, Frankfurt/M., Oxford, Wien, 2003. VI, 196 pp., num. ill.

Kress, Gunther. (2010). Multimodality A Social Semiotic Approach to Contemporary Communication (1st Edition). London: Routledge.

Downloads

Published

20-09-2024

How to Cite

Pratiwi, D., M. Bayu Firmansyah, & Ilmiyatur Rosidah. (2024). MULTIMODALITAS PADA LAGU “RUMAH” KARYA SALMA SALSABIL (KAJIAN ANALISIS WACANA MULTIMODAL). Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 6(2), 100–105. Retrieved from https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/1468