PENGARUH LAYANAN INFORMASI TEKNIK CINEMA THETAPY UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SMP IT UMMI A'YUNI PERBAUNGAN

Authors

  • Siti Maila Faiza Tanjung Maila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Yenti Arsini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Irwan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

layanan informasi, cinema therapy, interaksi sosial.

Abstract

Penelitian berjudul Pengaruh Layanan Informasi Teknik Cinema Therapy Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa SMP IT UMMI AYUNI Perbaungan bertujuan untuk mengatasi masalah pada interaksi sosial siswa yang sering memicu perselisihan antar individu dalam mengekspresikan interaksi terhadap lingkungan sekitar yang berlebihan. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest dan melibatkan 32 siswa kelas VIII-A di SMP IT UMMI A'YUNI Perbaungan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala interaksi sosial dengan uji statistik inferensial yaitu uji t (paired sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik cinema therapy meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa secara signifikan sebesar 78,125%. Hal ini menunjukkan pentingnya penerapan layanan informasi dengan teknik khusus di sekolah untuk mengembangkan potensi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adyatma, R. T., Mulyanto, & Tahyudin, D. (2020). Interaksi Sosial Peserta Didik Di Lingkungan Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Di SMA Negeri 2 Kayuagung. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2)

Afrila, A., Rahima, R., & Sari, R. N. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Layanan Informasi Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa SMPN 34 Pekanbaru. Jurnal Administrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan, 2(1)

Hidayat, D. R. (2018). Konseling di Sekolah: Pendekatan-Pendekatan Kontemporer. Prenadamedia Group.

Muahor & Yulianto, Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa., Geomath. 2023. Vol. 2 No. 2

Nasution, H. S., & Abdillah. (2019). Bimbingan Konseling Konsep,Teori dan Aplikasinya. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI)

Normanita, R. W., Kurniawan, K., & Nusantoro, E. (2018). Meningkatkan Interaksi Sosial dengan Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Cinematherapy. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(3)

Syarqawi, A., Aulia, M., Rezky, S., Nadila, N., & Rahmayani, H. D. R. D. (2023). Pelaksanaan Layanan Informasi Bimbingan Konseling Guna Mencegah Stunting Pada Masyarakat. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 8(1)

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulitatif, dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

20-09-2024

How to Cite

Maila, S. M. F. T., Yenti Arsini, & Irwan. (2024). PENGARUH LAYANAN INFORMASI TEKNIK CINEMA THETAPY UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SMP IT UMMI A’YUNI PERBAUNGAN. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 6(2), 138–149. Retrieved from https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/1471