Dampak Akreditasi Terhadap Mutu PAUD di KB Al Amin Desa Sumber Bendo Kecamatan Bantur Kabupaten Malang

Authors

  • Ratih Permata Sari IAI Al-Qolam Malang

DOI:

https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v1i1.159

Keywords:

Akreditasi, Mutu PAUD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Dampak Akreditasi Terhadap Mutu PAUD di KB Al Amin Desa Sumber Bendo Kecamatan  Bantur Kabupaten Malang. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode survei. Hasil peneliti meningkatnya pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga sekolah dan meningkatkan kualitas sekolah untuk mendapatkan dukungan dan perhatian dari pemerintah, masyarakat maupun sektor swasta dalam hal moral, dana, tenaga dan profesionalisme.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arcaro., Jerome, S. 2007. Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-Prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

BAN PAUD dan PNF. 2018. Data Akreditasi BAN PAUD dan PNF di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Diunduh tanggal 1 Desember 2018 Pukul 04.55 WIB. http://jendela.data.kemdikbud.go.id/banpnf/index.php/chome/pencarian/

Data Referensi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jumlah Data Satuan Pendidikan (Satuan PAUD) Per Kabupaten/Kota : Kab. Malang. Diunduh tanggal 1 Desember 2018 Pukul 04.55 WIB. http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index21_tkra.php?kode=051800&level=2

Direktorat Tenaga Kependidikan. 2008. Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Direktoral Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Effendi., Sofian. 1995. Unsur-unsur Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 044/U/2002, tentang Dewan Pendidikan dan Komite Satuan PAUD, http://rastodio.com/wp-content/uploads/2009/08/ Kepmendiknas-044-2002.pdf(diakses 11 Februari 2011).

Miles ., Matthew B. and Michael A. Huberman. 1994. Qualitatif Data Analysis. London: Sage Publication.

Moleong., Lexy J. 2004. MetodologiPenelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Patton., Michael Quinn. 1987. Qualitatif Evaluation and Research Methods. California: Sage Publication.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 62, ayat 1.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sagala., Syaiful. 2010. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sallis., Edward. 1993. Total Quality Management in Education. London: Kogan Page Ltd.

Singarimbun., Masri. 1995. Metode dan Proses Penelitian. Jakarta: LP3ES.

Sudjana.,Nana. 2005. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Satuan PAUD. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana., Djudju. 2006. Evaluasi Program Pendidikan Luar Satuan PAUD. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dan Remaja Rosdakarya.

Tilaar.,H.A.R. 2006. Standarisasi Pendidikan Nasional, Suatu Tinjauan Kritis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1, ayat 25.

Downloads

Published

20-03-2019

How to Cite

Permata Sari , R. (2019). Dampak Akreditasi Terhadap Mutu PAUD di KB Al Amin Desa Sumber Bendo Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 1(1), 117–133. https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v1i1.159