Penerapan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran AL-Qur’an Di TPQ Al Ishlah Majangtengah Dampit Malang

Authors

  • Sugeng Pondok Pesantren Al-Islah Dampit
  • Hanif Maulaniam Sholah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang

DOI:

https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v1i2.191

Keywords:

Metode Tilawati;, Pembelajaran Al-Qur’an;, TPQ Al-Islah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan metode tilawati dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Al Ishlah Majangtengah Dampit Malang. Selain itu, juga bertujuan untuk mengetahui penerapan metode  tilawati  dalam  pembelajaran  Al-Qur’an  di  TPQ Al Ishlah Majangtengah Dampit Malang. Juga untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung penerapan metode tilawati dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Al Ishlah Majangtengah Dampit. Untuk mempermudah penelitian tentang Penerapan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Al Ishlah Majangtengah Dampit Malang, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa: Yang pertama, perencanaan dalam pembelajaran Al-Qur’an yaitu dengan memilih penerapan metode tilawati, menguasai   teori,   materi   dan   mempersiapkan   perlengkapan   mengajar. Kedua, Penerapan metode tilawati dilakukan dengan menggunakan teknik klasikal secara bersamaan antara guru dan peserta didik serta baca simak secara individual antara guru dan peserta didik, penerapan posisi tempat duduk berbentuk “U” untuk mempermudah mengontrol keadaan peserta didik saat pembelajaran berlangsung, dan yang terakhir adalah evaluasi atau munaqosyah untuk mengetahui seberapa kemampuan peserta didik dengan cara guru memberi penilaian saat kegiatan baca simak individual. Ketiga, yang menjadi faktor penghambat dan pendukung metode tilawati berasal dari peserta didik itu sendiri, pengajar atau guru dan juga lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Rulam (2005). Memahami Metodologi Penelitian Kualitatif, Malang: UM Press.

Amrullah, Fahmi (2004). Ilmu Al-Qur’an untuk Pemula, Jakarta: CV Artha Rivera.

Annuri, Ahmad (2010). Panduan Tahsin Tilawah Al-Qur’an dan Ilmu Tajwid, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Arikunto, Suharsimi (2001). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

B. Miles, Mtthw (2000). Analisis Ala Kualitatif, Jakarta: UI-Press.

Bungin, Burhan (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Depag RI (1984). Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta.

Hasan, Abdurrahim dkk (2010). Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Metode Tilawati,Surabaya:Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah.

Izzan, Ahmad (2005). Ulumul Quran, Bandung: Kelompok Humaniora.

Khon, Abdul Majid (2008). Praktikum Qiraat Keanehan Bacaan Al-Qur`An Qiraat Ashim Dari Hafash, Jakarta : sinar grafika offset.

Majelis Pembina TPQ Ma’arif (2008). Pedoman pengelolaan TPQ, Tulungagung: LP Ma’arif.

Moleong, Lexy.J (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosyda karya.

Mudzakir (2013). Studi Ilmu-ilmu Qur’an, Bogor: Pustaka Litera Antar Nusa. http://pdpontrenblora.blogspot.co.id/2013/03/selayang-pandang-pendidikan-al-

Mufarokah, Anisatul (2013). Strategi dan Model-model Pembelajaran, Tulungagung: STAIN Tulungagung Pers.

Mulyana, Dedi (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Mulyasa,E (2008). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep Karakteristik Dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munir, M.Misbahul (1997). Pedoman Lagu-Lagu Tilawatil Qur`an Dilengkapi Tajwid dan Qasidah, Surabaya: Apollo.

Nasrulloh (2012). Lentera Qur’ani, Malang: UIN-Maliki Pres.

Nawawi, Hadari (2005). Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada Press.

Patoni, Ahmad (2004). Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Bina Ilmu.

Quran.html. diakses pada 18/02/19

Rohmad, Ali (2004). Kapita Selekta Pendidikan, Jakarta: PT. Bina Ilmu.

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih (2005). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Syamsuddin, Sahiron (2007). Metodologi Penelitian Living Qur’an & Hadis,Yogyakarta: TH-Press.

Tekan, Ismail (2006). Tajwid Al-Quranul karim, Jakarta: PT. Pustaka Al-Husna Baru.

Tim Penyusun Kamus (2000). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Bandung: Balai Pustaka.

Usman, Moh. Uzer (1992). Menjadi Guru Profesional, Bandung: Rosda Karya.

Zuriah, Nurul (2006). Metodoligi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Jakarta:PT. BumiAksara.

Downloads

Published

01-09-2019

How to Cite

Sugeng, & Hanif Maulaniam Sholah. (2019). Penerapan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran AL-Qur’an Di TPQ Al Ishlah Majangtengah Dampit Malang. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 1(2), 1–15. https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v1i2.191