Lembaga Pendidikan Islam Dalam Telaah Lingkungan Strategik
DOI:
https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v1i2.196Keywords:
lembaga pendidikan,, lingkungan strategik;, analisis lingkunganAbstract
Lingkungan lembaga pendidikan pada dekade terakhir ini dihadapkan pada berbagai perubahan, gejolak dan kemajuan yang sering kali sulit diprediksi baik karena pergolakan maupun karena ketidakpastian yang dialami, untuk itu diperlukan antisipasi dini terhadap perubahan lingkungan. Tujuan penelititan ini menganilisis bagaimana menghadapi perubahan dan ketidakpastian lingkungan lembaga pendidikan mau tidak mau (inevitable) harus melakukan tiga hal sebagai berikut: 1) Berfikir strategis yang tidak pernah dilakukan sebelumnya, 2) Menerjemahkan inputnya untuk strategi yang efektif guna menanggulangi lingkungannya yang telah berubah, 3) Mengembangkan alasan yang diperlukan untuk meletakan landasan bagi pemakaian dan pelaksanaan strateginya. Sehingga memunculkan pertanyaan penelitian bagaimana pengenalan lingkungan strategik, telaah lingkungan strategik, tujuan dan peran telaah lingkungan strategik, model analisis lingkungan strategik di wilayah pendidikan Islam. Hasil penelitian ini menejelaskan Analisa TOWS Matrix lebih memastikan kita dapat memperhitungkan dan memanfaatkan dengan baik setiap peluang di luar untuk peningkatan bisnis. Di saat bersamaan kita juga dapat mengetahui dan memanfaatkan potensi internal. Dengan menganalisa eksternal tersebut (TOWS Matrix) kita juga mampu mengantisipasi tantangan dari setiap perubahan eksternal, bahkan mengubahnya (tantangan) menjadi peluang baru
Downloads
References
A. S. Wahyudi, Manajemen Strategi, (Bina Aksara, 1996), 48
Akdon, Strategik Management For Educational Management, (Bandung: Alfabeta, 2007),107
Arikunto, S. (2006). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.
Chuck Williams, Manajemen. ter. (Jakarta: Salemba Empat, 2001), 51
D. Ireland, R. E. Hoskisson & M. A. Hitt, Manajemen Strategis : Daya Saing & Globalisasi, Edisi ke-1, (Jakarta: Salemba Empat, 2001)
Dan Schendel dan Charles Higgins, Pengambilan Keputusan Stratejik untuk Organisasi Public dan Organisasi, (Jakarta: Grasindo, 1985)
Eddy R. Sembiring, Meraih Competitive Advantage Melalui Learning Organization. (Media Akuntansi, 2003), 52-53
Freddy Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1998), 19
G. Hamel dan K. C. Prahalad, Kompetisi Masa Depan, (Jakarta: Bina rupa Aksara, 1995)
Gugup Kismono, Perubahan Lingkungan, Transformasi Organisasional dan Reposisi Fungsi Sumber Daya Manusia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol 14 No.2, 1999, 62-76
Heinz. W. dan Haroold Koontz, Essentials of Management seventh edition. (Tata McGrawHill, 2008),
Ignor Ansoff, Corporate Strategy, (Harmondsworth: Penguin Books, 1965)
J. Salusu, Pengambilan Keputusan Stratejik: untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit, (Jakarta: Grasindo, 2004), 319
Jackson, S. E., Joshi, A., & Erhardt, N. L. (2003). Recent research on team and organizational diversity: SWOT analysis and implications. Journal of management, 29(6), 801-830.
James A.F. Stoner, Manajemen. ter. (Jakarta: Erlangga, 1996)
John M. Bryson, Strategic Planning for Public and Non Profit Organization: A Guide to Strengthening and Sustaining Organizational Achievment, (San Fransisco: JosseyBass Publishers, 1995), 55-71
Kuhlthau, C. C. (1994). Teaching the library research process. Rowman & Littlefield.
Proctor, T. (2000). Strategic marketing management for health management: cross impact matrix and TOWS. Journal of Management in Medicine, 14(1), 47-56.
Samuel C.Certo dan Paul J. Peter, Strategic Management: A Focus on Process, (Singapore:McGraw Hill International Editions, 1990), 10-14
Stepphanie K. Marrus, Building the strategic Plan: find, analyzed, and present the right information, (USA: Wiley, 1984)
Suneki, S. (2012). Dampak globalisasi terhadap eksistensi budaya daerah. CIVIS, 2(1/Januari).
T. Hani Handoko, Manajemen, (Yogyakarta: BPFE, 1999), 62
Umam, M. K. (2017). ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIK DALAM CORAK PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal al Hikmah, 5(1), 1-8.
Umam, M. K. (2017, May). Strategi Alternatif Memajukan Lembaga Pendidikan Islam di Pedesaan Berbasis Sekolah Excellent Perspektif Kompetitif Kotemporer. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (No. Seri 2, pp. 769-776).
Umam, M. K. (2018). STRATEGI INTELEKTUALISASI PROGESIFITAS MANHAJUL AL FIKR KADER AN-NAHDLIYAH.
Umam, M. K. (2018, April). Reconstruction of Integrative Islamic Education in The Transformative Profetical Education Framework. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (No. Series 1, pp. 511-520).
Umam, M. K. (2018, February). Paradigma Pendidikan Profetik dalam Pendekatan Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtida'iyah. In PROCEEDING: The Annual
International Conference on Islamic Education (Vol. 3, No. 1, pp. 120-132).
Umam, M. K. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Peserta Didik. Jurnal al Hikmah, 6(2), 62-74.
Umam, M. K. (2019). Penggunaan Metode Jaritmatika Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 45-68.
Muliati, B., & Umam, M. K. (2019). Phenomenon Of Changes In Increasing Development Of Students In Basic School. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 96-105.
Umam, M. K., & Kediri, S. B. S. P. (2018). Rekonstruksi Pendidikan Islam Integrasi Dalam Kerangka Pendidikan Profetik Transformatif.
Umam, M. K. (2018). IMAM PARA NABI: MENELUSUR JEJAK KEPEMIMPINAN DAN MANAJERIAL NABI MUHAMMAD SAW. Jurnal al Hikmah, 6(1), 59-74.
Umar, H. (2001). Strategic management in action. Gramedia Pustaka Utama. UU Sisdiknas No. 20. Tahun 2003
Weihrich, H. (1982). The TOWS matrix—A tool for situational analysis. Long range planning, 15(2), 54-66