PENGATURAN DIRI DALAM BELAJAR PADA MAHASISWA DI KOTA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v2i1.275Keywords:
Pengaturan diri, BelajarAbstract
Pengaturan diri dalam belajar merupakan upaya yang harus dilakukan seorang pelajar untuk mempermudah dan memperlancar setiap proses belajarnya guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Artikel ini membahas tentang pengaturan diri dalam belajar (Self Regulation Learning) pada kalangan mahasiswa. Adapaun tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi pengaturan diri dalam belajar mahasiswa melalui metode analisis situasional. Melalui metode ini semua elemen yang mempengaruhi pengaturan diri dalam belajar dapat terpetakan dengan sistematis. Berdasarkan tujuan yang ditetapkan, data diperoleh dari tujuh kelompok pilihan. Sampel penelitian terdiri dari 48 peserta mahasiswa. Adapaun temuan utama penelitian ini berupa dua peta situasional, analisis relasional dan posisi. Hasil penelitian menunjukkan kegunaan analisis situasional serta membuktikan bahwa pengaturan diri dalam belajar tidak dapat dipisahkan dari proses kognitif dan metakognitif.
Downloads
References
D. L. Morgan (2012). Focus Groups and Social Interaction. In Gubrium J. F. et al. (eds.). The SAGE Handbook of Interview Research. The Complexity of the Craft. London: Sage Publishing.
Malmberg et al. (2015). Promoting socially shared regulation of learning in CSCL: Progress of socially shared regulation among high- and low- performing groups. Computer in Human Behavior, under press.
Morgan, D. L. (2010). Reconsidering the role of interaction in analyzing and reporting focus groups. Qualitative Health Research,
P. Dillenbourg, (1999). What do you mean by collaboratuve learning? Oxford: Elsevier.
Teddy Tri Setio Berty, Peneliti: Remaja yang Gemar main gadget Tidak Bahagia, https://www.liputan6.com/global/read/3238072/peneliti-remaja-yang-gemar-main-gadget-tidak-bahagia diakses 08 Maret 2020
Winne, P. H. (2014). Students´calibration of knowledge and leasing processes: implications for designing powerful software leasing environments. In: International Journal of Educational Research,
Zimmerman & Schunk (eds.). Buku pegangan pengaturan belajar dan kinerja mandiri, New York: Routledge.