PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUAL, AUDITORY, KINESTETIK) UNTUK MENINGKATKAN BELAJAR SISWA DI MTS BULULAWANG MALANG
DOI:
https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v3i2.603Keywords:
Penggunaan,, Model Pembelajaran VAK,, Meningkatkan,, Hasil BelajarAbstract
Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran guru banyak menggunakan berbagai model pembelajaran yang berbeda beda. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Model Pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinestetik). Model Pembelajaran merupakan suatu model pembelajaran yang mementingkan pengalaman belajar secara langsung dengan cara belajar dengan mengingat (Visual), belajar dengan mendengar (Auditory), dan belajar dengan gerak dan emosi (Kinestetik).Jenis Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Riset). Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus 1 dan siklus II dan tiap siklusnya dilakukan dalam satu kali pertemuan. Pelaksanaan pada tiap siklus menggunakan empat tahapan di setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran VAK terhadap hasil belajar siswa di buktikan dengan terjadi peningkatan disetiap siklusnya di mulai dari Pra Tindakan Sampai Siklus II. Siswa yang mendapat nilai di atas KKM (75) dalam Pra Tindakan sebesar 18% atau 5 siswa dari 27 siswa. Pada siklus I sebesar 40 % atau 11 siswa dari 27 siswa sedangkan pada siklus II sebesar 100 % atau 27 siswa.
Downloads
References
Daftar Pustaka
Arikunto, Suharsimi et.al (2014) Penelitian Tindakan Kelas. cetakan XII Jakarta: Bumi Aksara
Aunurrahman. (2014). Belajar Dan Pembelajaran. cetakan IX Bandung: Penerbit Alfabeta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain (2010). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta,
Huda, Miftahul (2013) Model - Model Pengajaran dan Pembelajaran. cetakan II Yogjakarta: Pustaka Pelajar
Majid, Abdul (2014). Strategi Pembelajaran, cetakan III. Bandung: Remaja Rosdakarya
Munjin, Ahmad dan lilik Nur kholidah (2009). metode dan teknik pembelajaran PAI. Cetakan 1. Bandung,: Refika Aditama.
Shoimin, Aris (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. cetakan 1. Yogjakarta: Ar Ruzz Media.
Trianto (2012) Penelitian Tindakan Kelas. cetakan III. Jakarta: Prestasi Pustaka.