IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII MTs MANSYAUL ULUM GANJARAN GONDANGLEGI MALANG
DOI:
https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v3i2.604Keywords:
budaya,, literasi,, pembelajaran Bahasa Indonesia.Abstract
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, (1) implementasi budaya literasi pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII MTs. Mansyaul Ulum adalah dengan tiga tahapan, yaitu a) perencanaan pelaksanaan budaya literasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia dilakukan 15 menit sebelum guru Bahasa Indonesia memberikan ulasan materi. b) pelaksanaan budaya literasi khususnya di kelas VIII pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam pelaksaannya dilakukan 15 menit sebelum memulai pelajaran. c) hasil dari evaluasi pelaksanaan budaya literasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia dari awal pelaksanaan peserta didik yang malas membaca, menulis, menyimak, dan menyampaikan menjadi suka membaca, menulis, menyimak, dan menyampaikan walaupun belum semuanya. (2) faktor pendukungnya dalam kegiatan budaya literasi adalah tersedianya beberapa buku di perpustakaan, juga semangat dari kepala sekolah dan dewan guru untuk memotivasi siswa dalam menerapkan budaya literasi. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan budaya literasi adalah kurangnya minat baca peserta didik dan masih ada beberapa siswa yang masih saja memilih melamun dan mengobrol ketika budaya literasi berlangsung
Downloads
References
Daftar Pustaka
Padmadewi, Ni Nyeman. 2018. Literasi di Sekolah Dari Teori Kepraktek. Bandung: Nilacakra.
Permatasari, Ane. 2005. Membangun Kualitas Bangsa Dengan Budaya Literasi. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta, cetakan ke-2
Sujarwa. 2010. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar: Manusia dan Fenomena Sosial Budaya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ulfatin Nurul. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang: Media Nusa Creative.
UNESCO. 2003. Literacy, a UNESCO Prespective. New York: United Nations Education Scientific, and Culturak Organization.