TELAAH PEMIKIRAN K.H. TAUFIQUL HAKIM TENTANG KARAKTER GURU DALAM KITAB IRSY?D AL-MU‘ALLIM?N

Authors

  • Muhammad Naufal Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang
  • Muhammad Hilal Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang

DOI:

https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v3i2.612

Keywords:

Irsyadul Mu’allimin, Karakter Pendidik, Pemikiran K.H. Taufiqul Hakim

Abstract

Selama ini, kajian atas pemikiran K.H. Taufiqul Hakim sebagian besar terpusat pada karyanya, Amtsilati, dan sebagian kecil lagi mengenai karyanya dalam bidang tafsir, hadis, anti terorisme dan etika murid. Sama sekali belum ada kajian mengenai pemikirannya tentang karakter guru, padahal peran guru dalam keberhasilan pembelajaran siswa tidak dapat diabaikan. Artikel ini bertujuan untuk mengisi kekosongan tersebut, yaitu kajian pemikiran K.H. Taufiqul Hakim mengenai karakter guru dalam kitab Irsy?d Al-Mu‘allim?n.

Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif-analitis. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang tumpuan utamanya adalah dokumentasi, karena objek material penelitian ini adalah pemikiran yang tertuang dalam sebuah literatur. Metode analisis yang dipakai adalah Analisis Isi (content analysis), yaitu menyusuri kandungan dari teks yang terdapat dalam kitab Irsy?d Al-Mu‘allim?n.

Analisis atas data yang diperoleh menunjukkan bahwa pemikiran K.H. Taufiqul Hakim mengenai karakter guru berpusat pada tiga topik, yaitu konsep guru sejati, tipologi guru dan kepribadian guru. Konsep guru sejati dicirikan oleh dua hal, yaitu guru yang berkepribadian dan punya relasi baik dengan muridnya. Selain itu, terdapat 6 tipologi guru ditinjau dari beberapa segi. Terakhir, terdapat dua corak kepribadian guru, yaitu guru yang menyenangkan dan guru yang merusak metal muridnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alpiyah, Siti Ikrimah Nurul. (2015). “Analisis Buku Amtsilati Juz 1 Karya K.H. Tufiqul Hakim dan Kontribusinya terhadap Pembelajaran Nahwu di Pondok Pesantren Salafiyah Miftahul Hidayah Garut.” Skripsi—Universitas Pendidikan Indonesia.

Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Asmani, Jamal Ma’ruf (2019). Sang Pembaharu Pendidikan Pesantren KH. Taufiqul Hakim (Penemu Metode Amtsilati dan Pengasuh PP. Darul Falah Bangsri-Jepara). Jepara: PP. Darul Falah.

Dzakiy, Ahmad Farih. (2016). “Hadis dan Resepsi Estetis Pesantren (Studi Kitab Fadl?’il Ramadl?n Karya Taufiqul Hakim).” Dalam Analisis: Jurnal Studi Keislaman, vol. 16. No. 1. 225-243. http://103.88.229.8/index.php/analisis/article/view/744, diakses 2 September 2021.

Endraswara, Suwardi. (2008). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Media Pressindo.

Ghafir, M. Ali. (2019). “Analisis Metodologi Pengajaran yang diaplikasikan Kitab Amtsilati Karya Taufiqul Hakim dalam Mempelajari Tata Bahasa Arab.” Dalam Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam. Vol. 10. No. 2. 211–224. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/syaikhuna/article/view/3723, diakses 2 September 2021.

Hakim, Taufiqul. (2014). Irsy?d al-Mu‘allim?n. Jepara: PP. Darul Falah.

Ibrahim. (2007). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia.

Maksudi, Farhan. (2019). “Pandangan K.H. Taufiqul Hakim tentang Radikalisme dalam Kitab Syifa’ al-Ummah.” Dalam Jurnal Mutsaqqofîn. Vol. 2. No. 1. 73-93. https://mutsaqqafin.e-journal.id/Mutsaqqafin/article/view/47, diakses pada 2 September 2021.

Misbah, M. (2006). “Taufiqul Hakim, Amtsilati dan Pengajaran Nahwu-sharaf.” Dalam Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. Vol. 11. No. 3. 389-407. http://www.ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/insania/article/view/207, diakses 2 September 2021.

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Prayitno, Ujianto Singgih, dkk. (2017). Guru Indonesia dan Kualitas Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI.

Rohman, Fathur. (2018). “Pendidikan Islam Anti Radikalisme melalui Nadham (Telaah Kitab Shifa’ al-Ummah Karya KH. Taufiqul Hakim Bangsri Jepara).” Dalam Tadris: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 13. No. 1. 78-93. http://tempojs2.iainmadura.ac.id/index.php/tadris/article/view/1757, diakses pada 2 September 2021.

Sadad, Saal Al. (2020). Studi Tafsir Al-Mubarak Karya K.H. Taufiqul Hakim. Skripsi—UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Salahudin, Anas dan Irwanto Alkrienciehie. (2013). Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasis Agama & Budaya Bangsa). Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Edisi II. cet. I. Bandung: Alfabeta.

Vadlullah, Moh. Ngindi. (2017). Dakwah Bil Qalam K.H. Taufiqul Hakim dalam Serial Buku Syifaul Ummah. Skripsi—UIN Walisongo Semarang.

Downloads

Published

17-09-2021

How to Cite

Muhammad Naufal, & Muhammad Hilal. (2021). TELAAH PEMIKIRAN K.H. TAUFIQUL HAKIM TENTANG KARAKTER GURU DALAM KITAB IRSY?D AL-MU‘ALLIM?N . Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v3i2.612