Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Inkuiri Siswa Kelas I SDN 1 Kepuhlegundi Tahun Pelajaran 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v4i1.739Keywords:
learning achievement, inquiryAbstract
Permasalahan yang terjadi adalah kegiatan belajar mengajar pada siswa kelas I semester I SDN 1 Kepuhlegundi Kecamatan Tambak tahun pelajaran 2020/2021 sebagian besar siswa tidak aktif, tidak bergairah dan cenderung kurang kreatif. Hal ini ditunjukkan oleh sikap yang kurang antusias ketika pelajaran berlangsung, rendahnya respon umpan balik dari siswa terhadap pertanyaan dan penjelasan guru serta kurangnya konsentrasi siswa pada proses pembelajaran Matematika. Akibatnya hasil pembelajaran tidak memuaskan dengan hasil rata-rata kelas 65,33. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengukur tingkat pemahaman, meningkatkan keaktifan dan mengembangkan keterampilan-keterampilan penemuan ilmiah, dan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas I SDN 1 Kepuhlegundi Kecamatan Tambak tahun pelajaran 2020/2021 terhadap pokok bahasan “Bangun Ruang” pada mata pelajaran Matematika melalui metode Inkuiri. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah dengan metode dokumentasi, metode observasi, dan metode tes. Hasil data diperoleh, nilai rata-rata siswa pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan “Mengenal Beberapa Bangun Ruang” sebelum siklus didapat nilai 65,33 ; siklus 1 : 70,00 ; siklus 2 : 80,00. Dengan hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai rata-rata atau prestasi hasil belajar siswa kelas I semester I SDN 1 Kepuhlegundi Tambak Gresik tahun pelajaran 2020/2021 dengan kriteria yang cukup baik dan mengalami peningkatan, hal tersebut mengidentifikasikan bahwa pembelajaran Matematika dengan menggunakan metode/ pendekatan inkuiri berhasil. Pemahaman siswa terhadap materi juga mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai data diatas.
Downloads
References
Anita, Sri W, Metode Belajar Mengajar. Bandung : Alfabeta, 2001.
Herumen, Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2013.
Mulyasa, E., Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung : Remaja Rosda Karya, 2006.
Nana Sudjana dan Daeng Arifin, Cara Balajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru, 1988.
Nasution, S., Metode Penelitian Naturulistik Kualitatif, Bandung : Penerbit Tarsito, 1988.
Purwanto, Ngalim, M., Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Edisi Kedua. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 1995.
Sagala, Syaiful, Metode Belajar Mengajar. Bandung : Alfabeta, 2003.
Winkel, W.S., Psikologi Pengajaran, Yogyakarta : Gramedia, 1998.