Kesiapan Pembelajaran Tatap Muka Berbasis Realitas Untuk Meningkatkan Penguatan Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Di SMKS NU Sunan Ampel Poncokusumo Kabupaten Malang

Authors

  • Pramesti Retno Suryaningtyas Institut Agama Islam Al-Qolam Malang

Keywords:

Kesiapan PTM,, Basis Realitas,, PPK,, Pandemi Covid 19

Abstract

Sejatinya, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Berbasis Realitas pandemi covid 19 dapat diarahkan untuk Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Namun, sebelum diterapkan model PTM, perlu diketahui daya dukung dan kesiapan fisik, serta mental-spiritual para stakeholder. Penelitian ini berusaha mengtahui: (1) daya dukung lingkungan terhadap kesiapan PTM berbasis realitas untuk meningkatkan PPK di wilayah desa Wonomulyo, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang (2) kesiapan siswa, pendidik dan tenaga kependidikan SMKS NU Sunan Ampel Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang dalam menjalani PTM berbasis realitas untuk meningkatkan PPK. Populasi wilayah terbatas pada ruang lingkup Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, sedangkan populasi siswa sejumah 650 orang, dan populasi pendidik dan tenaga kependidikan sejumlah 42 orang. Jumlah sampel 87 orang siswa dan 30 orang guru beserta staf ditentukan dengan rumus slovin. Teknik sampling penelitian menggunakan proporsional random, sedangkan teknis pengambilan sampel dilakukan dengan cara undian. Instrumen kesiapan menggunakan kuesioner yang dikembangkan berdasarkan batasan kesiapan mental responden (kognitif, afektif, & konatif) dalam menjalani PTM berbasis realita pandemi (adanya protokol kesehatan untuk mencegah hal yang tidak dikehendaki) dalam rangka memperkuat 5 karakter inti (religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas). Jumlah item kuesioner sebanyak 30 soal telah melalui uji validitas (rentang koefisien korelasi skor item-total 0,416 – 0,738 dengan signifikansi kurang dari 0,05). Kuesioner telah reliabel dengan nilai cronbach’s alpha based on standardized items (0,932) lebih dari nilai cronbach’s alpha (0,931). Teknik analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan data kualitatif maupun kuantitatif. Kesimpulan menyimpulkan bahwa mayoritas siswa, guru dan staf SMKS NU Sunan Ampel cukup siap untuk menjalankan PTM berbasis realitas dalam rangka PPK. Kesiapan tersebut ditunjang oleh adanya daya dukung fasilitas umum kesehatan yang dimiliki Desa Wonomulyo Kecamatan Poncokusumo. Fasilitas umum itu berupa: 4 poliklinik, 1 puskesmas utama, 6 posyandu, 1 polindes, 1 apotek, dan juga terdapat 6 orang dokter, dan 2 bidan yang mengabdi di wilayah itu. PTM berbasis realita untuk PPK oleh SMK NU Sunan Ampel sesuai dengan program PPK “Jati Diri-ku” yang telah dicanangkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka disarankan kepada para guru dan staff SMKS NU Sunan Ampel agar memberikan porsi pada penguasaan sof skill berupa 5 karakter positif dengan memposisikan pandemi covid 19 dan protokol kesehatan sebagai realita yang bermanfaat dalam PPK. Bagi siswa dan orang tua disarankan agar lebih memahami pandemi covid 19 dan protokol kesehatan sebagai upaya untuk mengkonstruksi, membentuk, dan menguatkan karakter positif yang dibutuhkan untuk memasuki dunia usaha-dunia industri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chan, Liew Lee & N. Idris. 2107. Cooperative Learning in Mathematics Education . International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences 2017, Vol. 7, No. 3.

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. 2020. Panduan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Program “Jati Diri-ku” jenjang SMA Dalam Rangka Membangun Karakter Generasi Di Era The New Normal. Surabaya: Bidang Pembinan Pendidikan Bidang SMA, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Freire, Paulo, 2000. Pendidikan Kaum Tertindas, Terjemahan oleh Utomo Dananjaya, dkk, Jakarta: LP3ES.

Freire, Paulo, 1984. Pendidikan Sebagai Praktek Pembebasan, Terjemahan oleh Alois A. Nugroho, Jakarta: Gramedia,

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Nurhayati, D.Mita & Hartono. 2017. Implementation of cooperative learning model type STAD with RME approach to understanding of mathematical concept student state junior high school in Pekanbaru. Mathematics, Science, and Computer Science Education (MSCEIS 2016).

Rumahlatu, Dominggus, Estevanus K. Huliselan & J. Takaria. 2016. An Analysis of the Readiness and Implementation of 2013 Curriculum in The West Part of Seram District, Maluku Province, Indonesia . International Journal Of Environmental & Science Education. Vol 11.No. 12.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories: An Educational Perspective, 6th Edition. Boston: Allyn & Bacon.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sopaheluwakan, J., Hidayati, D., Permana, H., Pribadi, K., Ismail, F., Meyers, K., … Argo, T. 2006. Kajian kesiapsiagaan masyarakat dalam mengantisipasi bencana gempa bumi & tsunami. Bandung: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Sumber Online: http://www.buku-e.lipi.go.id/utama.cgi?lihatarsip&jans001&1273262299. Diakses 25 Januari 2022, Pukul 15:12 WIB.

Sholeh, Muh. 2007. Perencanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi Tingkat SMA Dalam Konteks KTSP. Jurnal Geografi vol. 4.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syaodih dkk. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi.Bandung:Rafika Aditama.

Zakaria, Effandi, L.Chung Chin & Md. Y.Daud. 2010. The Effects of Cooperative Learning on Students’ Mathematics Achievement and Attitude towards Mathematics. Journal of Social Sciences. Vol 6. No.2.

Zakaria, Effandi & Z. Iksan. 2007.Promoting Cooperative Learning in Science and Mathematics Education: A Malaysian Perspective. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. Vol 3. No.01, 35-39.

Finch, Peter. 2015. The Effect of Cooperative Learning On Middle School Math Students.

Yasin, Muhammad. 2009. Psikologi Perembangan: Dilengkapi Epittome Dan Panduan Pemanfaatannya. Kediri: STAIN Kediri Press.

Downloads

Published

10-08-2022

How to Cite

Pramesti Retno Suryaningtyas. (2022). Kesiapan Pembelajaran Tatap Muka Berbasis Realitas Untuk Meningkatkan Penguatan Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Di SMKS NU Sunan Ampel Poncokusumo Kabupaten Malang. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 4(1). Retrieved from https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/816