NILAI EDUKATIF DIMENSI BERNALAR KRITIS CERITA PENDEK ANAK ANISA WIDIARTI SUBELEMEN ANALISIS DAN EVALUASI PENALARAN
Keywords:
Thinking,, Critical,, Literature,, Short Story.Abstract
Bernalar kritis merupakan sikap kemampuan secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi, dan menyimpulkannya. Elemen kunci bernalar kritis adalah memperoleh dan memproses informasi dan gagasan; menganalisis dan mengevaluasi penalaran; merefleksi pemikiran dan proses berpikir; dan mengambil keputusan. Cerita-cerita pendek anak ini realitas semata-mata menyajikan cerita dengan menangkap kejadian-kejadian saja. Fokus kajian terhadap elemen bernalar kritis narasi deskripsi lakuan penokohan dalam cerita pendek anak Widiyarti menunjukkan bahawa cerita pendek tersebut walau bersifat teoritis, karakter bernalar kritis pada tokoh telah tertuang sebagai keteladanan berpikir dan landasan fundamental kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
REFERENCE
Afidah, Fadea, Ajo Sutarjo, and Deni Wardana, ‘Analisis Nilai Karakter Pada Buku Cerita Anak Hebat’, Jurnal Vol. 7, omor 2, Juli 2019. http://antologi.upi.edu/file/D_18_Fadea_Afidah_1504304_(1).
Amril, Riri, and Rismareni Pransiska, ‘Analisis Buku Cerita Bergambar € ŒBee Series†Sebagai Media Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak’, Jurnal Golden Age, 5.01 (2021), 175–84
Arifin, Prima, ‘NILAI-NILAI KARAKTER DALAM CERPEN PAK JANGGUT KARYA MASNAWATI ALI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS, KERJA KERAS DAN MANDIRI SISWA MI’ (IAIN Ponorogo, 2021). http://etheses.iainponorogo.ac.id/16077/.
Elza, Anggita, ‘NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL AMELIA KARYA TERE LIYE DAN RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA SEKOLAH DASAR’ (IAIN BENGKULU, 2020). http://repository.iainbengkulu.ac.id/5173/1/Elza%20Anggita%20FIKS%20Pdf.
Hadi, Saptono, ‘Analisis Nilai Budi Pekerti Luhur Kumpulan Cerita Pendek Anak Aku Anak Baik Anisa Widiyarti’, BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, Vol 5, No 1 (2020): Volume 5 Nomor 1, Februari 2020, 2020, 98–112 <https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/downloadSuppFile/435/64>
———, ‘Story-Telling: Upaya Meningkatkan Daya Simak Dalam Keterampilan Menyimak Interaktif Berbahasa’, Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2.2 (2017), 163–77
Hadi, Saptono, and Agus Hermawan, ‘Hidden Card Untuk Meningkatkan Kompetensi Pragmatik Anak Prasekolah Dalam Pembelajaran Kosa Kata Penguatan Pendidikan Karakter Bangsa’, Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5.2 (2020), 326–40
Hadi, Saptono, and Sri Utami, ‘AKULTURASI PEMEROLEHAN KOMPETENSI PRAGMATIK ANAK USIA DINI PADA LINGKUNGAN KELUARGA ETNIK JAWA DI ERA REVOLUSI DIGITAL’, Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4.1 (2019), 35 <https://doi.org/10.28926/briliant.v4i1.262>
Hermawan, Agus, and Saptono Hadi, ‘Akulturasi Budaya Baca Terhadap Tindak-Tutur Direktif AUP Era Digital (Kajian Kelompok Belajar TK PKK I Keluarahan Bendogerit Kota Blitar)’, Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 6.1 (2021), 99–109
Izzati, Lailatul, and Yulsyofriend Yulsyofriend, ‘Pengaruh Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 4.1 (2020), 472–81. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/486/431.
Majid, Abdul (2013). ‘Strategi Pembelajaran’. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muarifa, Sulistia, ‘Nilai Pendidikan Karakter Pada Cerita Anak Berjenis Fabel Dalam Buku Tematik Tema 2 Kelas 3’ (UIN Sunan Ampel Surabaya, 2021)
Nurgiyantoro, Burhan (2018). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: UGM press.
Pujianto, Agus, and Agus Nuryatin, ‘Keefektifan Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerpen Dengan Model Investigasi Kelompok Dan Model Stad Berdasarkan Tipe Kepribadian Peserta Didik Kelas Vii’, Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4.2 (2015)
Ramadhanti, Dina (2018). Buku Ajar Apresiasi Prosa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.
Rizqiyanah, Miftahul, ‘KAJIAN CIRI KEBAHASAAN DAN NILAI KEHIDUPAN DALAM KUMPULAN CERPEN SENYUM KARYAMIN SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS CERPEN BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI SMA’, Jurnal Tuturan, 9.2 (2020), 75–80. https://www.jurnal.ugj.ac.id/index.php/jurnaltuturan/article/view/5134.
Setiawan, Setiawan, and M Z M Dindin, ‘ANCANGAN LITERASI KRITIS CERPEN RUMAH TUHAN KARYA DYAN ANGGRAENI SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER, MORAL DAN SOSIAL’, Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 11.1 (2021), 1–7. https://journal.unpas.ac.id/index.php/literasi/article/view/3684.
SIANTURI, HELGA SABRINA, ‘Metode Latihan Terbimbing Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen’, Basastra, 1.1 (2012). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bersastra/article/view/196.
Wisnujati, Nugrahini Susantinah, Efbertias Sitorus, Martono Anggusti, Rahmi Ramadhani, Wiputra Cendana, Ismail Marzuki, and others, Merdeka Belajar Merdeka Mengajar (Yayasan Kita Menulis, 2022)