EX POST FACTO DARI IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIZ AL-QUR'AN DENGAN METODE TALAQQI DAN MUSYAFAHAH MELALUI TARGET HARIAN DI SMP IT AD DURRAH
Keywords:
Tahfiz Al-Qur’an,, Target Harian,, Koordinator Tahfiz,, Ex Post FactoAbstract
Penelitian ini merupakan pengalaman peneliti sebagai Koordinator Tahfiz di SMP IT Ad Durrah yang mengupayakan menghadirkan serangkaian teknis demi mencapai tujuan yang diinginkan. Berawal dari kegelisahan peneliti atas model pelaksanaan tahfiz Al-Qur’an di banyak lembaga pendidikan formal dan informal yang tidak melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi secara sistematis, maka peneliti membakukan prosedur-prosedur kegiatan tahfiz salah satunya menetapkan Target Harian. Produk ini merupakan sebagian kecil dari upaya pembakuan dari alur kerja yang setiap hari akan ditemui oleh setiap pihak terkait dengan program tersebut. Berpegang dengan metode Ex Post Facto dalam bingkai kualitatif, peneliti mencoba menghadirkan data berdasarkan pengalaman pribadi. Melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan fotojurnalistik diharapkan mampu merangkum semua data yang notabene peneliti sendiri yang menghasilkan. Menggunakan Analisis Logika, peneliti mencoba memaknai data dan menyajikannya ulang dengan berbagai bentuk sajian data. Target Harian merupakan perincian dari Standar Kompetensi Lulusan (SKL) sejumlah 3 Juz – Juz 30 , 29 dan 28 – dalam program tahfiz yang harus dicapai oleh seluruh peserta didik. Jika didistribusikan kedalam tahunan, bulanan, pekanan, bahkan harian, akan ditemui jumlah ayat-ayat yang harus dicapai oleh peserta didik. Tujuan yang sudah dibakukan menjadikan seluruh pihak bergerak dengan arah yang jelas. Proses pun dapat didamping dan dievaluasi berdasarkan bakunya target tersebut
Downloads
References
Al-Ashfahani, Ar-Raghib. (2017). Kamus Al-Qur’an. Depok: Pustaka KhazanahFawa’id.
Ananda, Rusydi (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli
Apakah Ada Waktu yang Dilarang untuk Membaca Alquran? (2022). Diakses pada 8
Agustus 2022, dari https://www.republika.co.id/berita/rcjhhb320/apakah-ada-waktu-yang-dilarang-untuk-membaca-alquran
Ascaraya. (2021). 15 Metode Analisis Data Kualitatif. Diakses pada 8 Agustus
, dari https://ascarya.or.id/metode-analisis-data-kualitatif/#google_vignette
Badan Pusat Statistik Kota Medan. (2022). Jumlah Penduduk Kota Medan
Menurut Kecamatan dan Jenis Kelamin (Jiwa), 2018-2020. Diakses pada 10 September 2022, dari https://medankota.bps.go.id/indicator/12/31/1/jumlah-penduduk-kota-medan-menurut-kecamatan-dan-jenis-kelamin.html
Fatoni, Abdurrahman. (2011). Metode Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi.
Jakarta: Rineka Cipta.
Google. (2022). Kota Medan, Medan City, North Sumatra to SMP IT AD
DURRAH - Google Maps. Diakses pada 10 September 2022, dari https://goo.gl/maps/prV9EvKYVBuCPahD7
Gulo (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo
Hadi, Sutrisno (2002). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Ofset
Harfiani, Rizka. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Lesson Study Praktikum Wisata Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Media dan Sumber Belajar Di Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam UMSU. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11 (1), 135-154.
Hashim, Azmil; Tamuri, Ab. Halim; Jemali, Misnan (2013). Latar Belakang Guru Tahfiz dan Amalan Kaedah. O-jIE: The Onlie Journal of Islamic Education 1 (1), 28-39.
Irfan, Agus. (2019). Talaqqi dan Musyafahah. Diakses pada 28 Juli 2022, dari https://fai.unissula.ac.id/talaqqi-dan-musyafahah/
Kartika, Tika. (2019). Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Talaqqi. Isema: Islamic Educational Management 4 (2), 245-256.
Mekarisce, A. Augina. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat 12 (3), 145-151.
Mulyadi. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar & Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.
Nihlatun, Umi. (2019). Implementasi Media Permainan Ular Tangga Iqro’ (إقرأ) dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyyah di PAUD Muslimat NU Siti Hajar Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak.
Prakoso, Bondan. (Tanpa Tahun). Metode Penilitan Impementasi. Diakses pada 29 Juli 2022, dari https://www.scribd.com/document/384873313/METODE-PENELITIAN-IMPLEMENTASI
Purwanto dan Sulistyastuti. (1991). Analisis Kebiajakan dan Formulasi ke Implementasi Kebijakan. Jakarta : Bumi Aksara.
Pusat Bahasa. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Ed. 3). Jakarta: Balai Pustaka.
Qorib, Muhammad., Zailani., Pasaribu, Munawir., Harfiani, Rizka., Setiawan, Hasrian Rudi., Rahmayati., Nurzannah., Hayati, Isra., Selamat., Numan, Ginting., Widya, Masitah., Sitepu, Juli Maini., Pradesyah, Riyan., Khairunnisa., Mavianti., Hasanah, Uswah., Sihotang, Mutia Khaira., Amsari, Syahrul. (2021). Panduan Penulisan Skripsi FAI UMSU. Medan: UMSU Press.
Rasyidi, Ahyar; Setiawan, Agus. (2021). Typology of Tahfidz Islamic Boarding School Curriculum in South Kalimantan. Syamil: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9 (2), 151-164.
Rokhmiyati, Sri. (2021). Aktualisasi Manajemen Pendidikan Dakwah bi al-Hal melalui Media Voucher Infaq dalam Menunjang Kemakmuran Masjid Nurus Saadah Kota Salatiga. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 13 (2), 226-284.
Setiawan, Guntur. (2004). Implementasi Dalam Birokrasi Pembangunan. Bandung:Remaja Rosdakarya Offset.
Silalahi, Ulber. (2012). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Singarimbun dan Sofran. (1995). Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES
Siregar, Shohibul Anshor (2018). Pesantren.
Suarta, Gede. (2017). Konsep Evaluasi Perencanaan Dan Terapannya Pada Program Penyuluhan Pengembangan Pendidikan Indonesia. Sudin, Ali. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: UPI Press.
Sudjana, Nana. (1989). Penelitian dan Penilaian. Bandung: Sinar Baru. Telaah Dokumen. (Tanpa Tahun). Diakses pada 8 Agustus 2022, dari https://text-id.123dok.com/document/7q060539q-telaah-dokumen-teknik-pengumpulan-data.html
Ubaid, Majdi. (2014). 9 Langkah Menghafal Al-Qur’an. Solo: Aqwam.
Umar. (2017). Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur‟an Di SMP Luqman Al- Hakim. Tadarus Jurnal Pendidikan Islam, 6 (01).
Usman, Nurdin. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Bandung: CV. Sinar Baru.
Zailani; Pohan, Selamat; Pasaribu, Munawir. (2021). Buku Ajar Ilmu: Ilmu Pendidikan Islam. Medan: UMSU Press.