KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK DALAM MENDALAMI PUISI SISWA KELAS X MA DARUL HASAN

Main Article Content

Muzemil
Abdul Hamid
Hemas Haryas Harja Susetya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model collaborative pair-checking dalam penelitian puisi. Penelitian ini memakai penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik dan metode pengumpulan data memakai angket, wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data memakai analisis statistik inferensial untuk menarik kesimpulan tentang model tersebut. Dalam penelitian ini, uji-t berpasangan dipakai untuk menguji perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menerapkan model kerja sama pasangan. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah siswa kelas X MA Darul Hasan. Hasil penelitian memperlihatkan adanya perbedaan pemerolehan belajar siswa sebelum dan sesudah menerapkan model pair-check. Data nilai siswa sebelum penerapan model yakni dengan nilai rata-rata 67,29, sedangkan setelah penerapan model rata-rata nilai siswa yaitu 74,79. Maka dari itu, dapat dilihat bahwa penerapan model kerjasama pair-check dapat dinilai efektif untuk digunakan dalam mendalami puisi.


Kata Kunci: keefektifan, pair check, dan puisi


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Muzemil, Hamid , A. ., & Susetya, . H. H. H. . (2023). KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK DALAM MENDALAMI PUISI SISWA KELAS X MA DARUL HASAN. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 5(1), 53–62. https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v5i1.925
Section
Articles

References

Al-Qur’anul Karim. Surah Al Kahfi Ayat 66

Citra, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(6).

Ermavianti, D. &. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Untuk Membangun keterampilan Bertanya Produktif Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(1), 1-15.

Fussalam, Y. E. (2018). Implememtasi kurikulum 2013 (K13) SMP Negeri 2 Sarolangon. Jurnal Muara Pendidikan, 3(1), 45-55.

Gunawan, B. I. (2016). Perbandingan implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan kurikulum 2013 di SMAN 1 Sinjai Utara. Jurnal Mirai Management, 1(1), 1-9.

Lafamane, F. (2020). Karya Sastra (Puisi, Prosa, Drama) https://osf.io/preprints/bp6eh/ di akses pada 17 Januari 2023.

Montolalu, C. &. (2018). Pengaruh pelatihan dasar komputer dan teknologi informasi bagi guru-guru dengan uji-t berpasangan (paired sample t-test). d'CARTESIAN: Jurnal Matematika dan Aplikasi, 7(1), 44-46.

Prajitno, S. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jurnal. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.

RI, K. P. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V. (Offline).

Sutomo, E. Y. (2017). Statistik Inferensial. Yogyakarta: ANDI.