PENGEMBANGAN MEDIA GOOGLE SITES DENGAN MODEL CIRC UNTUK PEMBELAJARAN MAMBACA PUISI PADA SISWA MA DARUL HASAN DAN MA SUNAN KALIJAGA

Authors

  • Ifatul Mardiyah Universitas Islam Zainul Hasan Probolinggo
  • Muhammad Hifdil Islam Universitas Islam Zainul Hasan Probolinggo
  • Hemas Haryas Harja Susetya Universitas Islam Zainul Hasan Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v5i1.928

Keywords:

Kata kunci: media pembelajaran, google sites. CIRC.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil uji coba produk media Google Sites dengan menggunakan Model CIRC pada  pembelajaran membaca puisi pada siswa MA Darul Hasan Dan MA Sunan Kalijaga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) yang mengacu pada teori pengembangan Borg & Gall (1983). Objek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MA Darul Hasan Dan MA Sunan Kalijaga. Hasil dari penelitian ini berdasarkan  penilaian yang didapat dari ahli media 66 (Valid), ahli materi 76% (valid), hasil uji coba skala terbatas 67% (valid) dan penilaian dari ahli praktisi yaitu guru bahasa Indonesia  di MA Darul Hasan mencapai 80% (kriteria valid), dan hasil uji coba skala besar 97%  (sangat valid) sedangkan penilaian dari ahli praktisi yaitu guru bahasa Indonesia MA Sunan Kalijaga itu mendapat skor rata-rata 85% dengan (kriteria sangat valid), yang dari setiap penilaian tersebut memasuki kriteria layak, maka dapat disimpulkan bahwa hasil uji coba produk media Google Sites dengan menggunakan media CIRC dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran membaca puisi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’an Surah Al-Dzariyat Ayat 56

Ernawati, & Sukardiyono. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. jurnal Elinvo (Electronics, And Vocational Education) 2(2). Hal 1-6.

Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal At-Takfir 1 (XI). Hal 85-99

Gustariani. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Pokok Bahasan Gejala Dan Ciri Gelombang Siswa Kelas XII SMAN 9 Pekanbaru.Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Riau 1 (1). Hal 79-84.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V (Online)

Niliawati, dkk. (2018). Penerapan Model Circ (Cooperatif Integrated Reading And Composition) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa kelas IV.Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1 (03). Hal 23-34

Pubian, & Herpratiwi. (2022). Penggunaan Media Google Sites Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, XXX (XXX). 163-172.

Rosiyana. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Google Sites Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Jarak Jauh Siswa Kelas VII SMP Islam Asy- Syuhada Kota Bogor.Jurnal Ilmiah Korpus 5 (2). 217-226

Risdianto, & Kusuma. (2016). Pembuatan Multimedia Interaktif Teknik Operasional SPSS 22. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Fisika (E- Journal) 5. 1 – 8

Taufiq. (2019). Model Penelitian Pengembangan Borg And Gall (1983).https://www.taufiq.net/2019/09/model-penelitian-pengembangan-borg-and.html?m=1. Pada 8 Januari 2022.

Downloads

Published

03-03-2023

How to Cite

Mardiyah, I. ., Islam, M. H. ., & Susetya, H. H. H. . (2023). PENGEMBANGAN MEDIA GOOGLE SITES DENGAN MODEL CIRC UNTUK PEMBELAJARAN MAMBACA PUISI PADA SISWA MA DARUL HASAN DAN MA SUNAN KALIJAGA. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 5(1), 63–72. https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v5i1.928