OPTIMALISASI PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI DI SMP ISLAM SULTAN AGUNG SUDIMORO MALANG
DOI:
https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v5i1.929Keywords:
Perancangan,, Media pembelajaran,, PAIAbstract
Lingkungan belajar membutuhkan peran salah satu metode atau alat belajar mengajar. Media pembelajaran sangat penting, sebagai panduan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Peran PAI dalam pengamalan sikap sehari-hari perlu dimaksimalkan, didalam maupun diluar kelas melalui media pembelajaran yang baik. Perancangan media pembelajaran harus mendapatkan dukungan penuh dari kepala sekolah dan guru. Beberapa faktor penghambat dalam penerapan media pembelajaran adalah: waktu pelajaran PAI hanya 2 JP per pekan menyebabkan kurang maksimal dalam mencapai tujuan pembelajaran. Ada beberapa anak pondok tidak memiliki buku pendamping belajar, harus menulis. Tidak merenovasi dalam metode pembelajaran karena kurang adanya waktu dalam mempersiapkan. Kurang adanya sarana yang mendukung dalam menyusun media pembelajaran. Berdiskusi dengan kepala sekolah dan beberapa guru tentang perancangan media pembelajaran. Optimalisasi Perancangan Media Pembelajaran PAI di SMP Islam Sultan Agung: pekan efektif, membagi materi, menentukan tujuan (ATP), menentukan Rencana pembelajaran 1 semester (1 Lembar), merancang media (metode, strategi, penilaian pembelajaran, melaksanakan Evaluasi.
Downloads
References
Ansori, Miksan. (2020). Dimensi HAM dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: IAIFA Press.
Bungin, Burhan. (2015). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.
Dahwadin dan Farhan Sifa Nugraha. (2020). Motivasi dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jawa Tengah: Mangku Bumi.
Dokumen Arsip Pendirian SMP Islam Sultan Agung, 1987.
Gunawan, Imam. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Pratama, Ryan Angga (2022). Monograf Game Android “Menalar” Berbasis Adobe Animation CC. PT. Scifintech Andrew Wijaya.
Purba, Ramen, A. (2020). Pengantar Media Pembelajaran. Bandung: Yayasan Kita Menulis.
Sudijono, Anas. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sumiharsono, Rudy dan Hisbiyatul Hasanah. (2017). Media Pembelajaran Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Surabaya: Pustaka Abadi.
Yaumi, Muhammad (2021). Media dan Teknologi Pembelajaran, Edisi Kedua.Jakarta: Prenada Media.
Yusuf, Ahmad (2019). MEDIA PEMBELAJARAN Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Lampung: Wacana Prima.