Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran melalui Metode Qurani Sidogiri di Yayasan Islam Gunung Pandak Pagelaran Malang

Authors

  • Muhammad Husni Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang
  • Roihana Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang
  • Farmanto Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang

DOI:

https://doi.org/10.35897/jurnalaksiafirmasi.v4i2.1120

Keywords:

pengabdian kepada masyarakat, pemberdayaan lembaga pendidikan, TPQ, metode Qurani, kurikulum

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan sekaligus memberdayakan TPQ Gunung Pandak yang selama ini belum memiliki metode pengajaran Al Quran. TPQ Gunung Pandak sudah memiliki cabang TPQ yaitu namanya TPQ As-Sa'adah Gunung Kebang Bantur. Semua ini menggunakan sistem pengajaran yang baru diberlakukan tatkala proses pengabdian ini berlangsung yang meliputi: kurikulum pengajaran memakai metode Qur'ani Sidogiri, pembelajaran dilakukan sorogan dengan pengajar di tengah yang kemudian dikelilingi santri-santrinya. Metode ini disinergikan dengan beberapa kurikulum yayasan yang selama ini telah diterapkan namun belum dipraktikkan secara menyeluruh.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

22-08-2023

How to Cite

Husni, M., Roihana, & Farmanto. (2023). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran melalui Metode Qurani Sidogiri di Yayasan Islam Gunung Pandak Pagelaran Malang. Jurnal Aksi Afirmasi, 4(2), 108–118. https://doi.org/10.35897/jurnalaksiafirmasi.v4i2.1120

Issue

Section

Articles