Pendampingan Labirin Literasi di MA Mansyaul Ulum Ganjaran

Authors

  • Hosniyeh Universitas Al-Qolam, Malang

DOI:

https://doi.org/10.35897/jurnalaksiafirmasi.v5i2.1477

Keywords:

pengabdian kepada masyarakat;, literasi;, pendampingan;, guru;

Abstract

Literasi merupakan kemampuan seseorang dalam membaca, menulis, memahami, dan menggunakan informasi secara efektif dalam berbagai konteks. Pendidikan Literasi sangat penting bagi siswa. Oleh karena itu, fokus dalam pendampingan ini adalah: 1) bagaimana kegiatan pendampingan labirin literasi di MA Mansyaul Ulum Ganjaran, dan 2) bagaimana hasil dari pendampingan labirin literasi di MA Mansyaul Ulum Ganjaran. Kegiatan ini diadakan untuk menumbuh kembangkan literasi siswa di MA Mansyaul Ulum Ganjaran, terutama dalam menulis puisi dan cerpen. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode interaktif, yaitu saling memberikan aksi, setelah dijelaskan, siswa melakukan peraktek sesuai arahan dari narasumber. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Kegiatan tersebut, telah menghasilkan 40 karya tulis puisi dan cerpen siswa, yang terdiri dari 20 karya tulis cerpen, dan 20 karya tulis puisi siswa yang akan diterbitkan dalam buku antologi cerpen dan puisi dengan judul cerita indah kehidupan santri. Karya tersebut kemudian diterbitkan menjadi buku ber-ISBN.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

29-08-2024

How to Cite

Hosniyeh. (2024). Pendampingan Labirin Literasi di MA Mansyaul Ulum Ganjaran. Jurnal Aksi Afirmasi, 5(2), 82–90. https://doi.org/10.35897/jurnalaksiafirmasi.v5i2.1477

Issue

Section

Articles