EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE SITES DALAM MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X DI MAN 2 PROBOLINGGO

Authors

  • Nuril Aini Istiqomah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo
  • Kustiana Arisanti Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo
  • Fatih Holis Ahnaf Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo

Keywords:

Media pembelajaran, Google Sites, Teks Laporan Hasil Observasi

Abstract

Google Sites merupakan media pembelajaran berbasis website.  Pemilihan media pembelajaran berbasis website ini karena media pembelajaran merupakan hal yang penting bagi seorang guru dalam menyampaikan materi kepada siswa, apalagi di era kemajuan teknologi saat ini guru dapat memanfaatkannya dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran google sites dalam menulis teks laporan hasil observasi di MAN 2 Probolinggo, karena dalam menulis teks laporan hasil observasi di MAN 2 Probolinggo masih menggunakan media berupa buku teks. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan kuesioner/angket, dengan menggunakan instrumen berupa tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X di MAN 2 Probolinggo, yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini, diketahui melalui hasil posttest pada kelas eksperimen 88,75, sedangkan nilai posttest pada kelas kontrol 87,75. Hal ini membuktikan bahwa nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai posttest kelas kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media google sites efektif digunakan dalam menulis teks laporan hasil observasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahnaf, Fatih Holis, Farida Rochmawati, Sri Maria Utami, and Dini Dwi Syahputri. “Efektivitas Media Animasi Audio Visual Dalam Kuliah Daring Keterampilan Membaca.” Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) 2, no. 2 (2021). https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.27.

Ifatul Mardiyah,Muhammad Hifdil Islam, Hemas Haryas Harja Susetya. “PENGEMBANGAN MEDIA GOOGLE SITES DENGAN MODEL CIRC UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA PUISI PADA SISWA MA DARUL HASAN DAN MA SUNAN KALIJAGA Ifatul.” Ejournal.Alqolam.Ac.Id 5, no. July (2020): 1–23. https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/928.

Muzemil, Abdul Hamid, and Hemas Haryas harja Susetya. “KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK DALAM MENDALAMI PUISI SISWA KELAS X MA DARUL HASAN.” Jurnal Tinta 5, no. 1 (2023): 53–62.

Nurhasanah, Siti, and A. Soebandi. “MINAT BELAJAR SEBAGAI DETERMINAN HASIL BELAJAR SISWA (Learning Interest as Determinant Student Learning Outcomes).” Vol. 1, 2016. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000.

Pane, Aprida, and Muhammad Dasopang. “BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.” FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3 (January 2017): 352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.

Parnawi, Afi. “Psikologi Belajar - Afi Parnawi - Google Buku.” Grup Penerbitan CV Budi Utama, 2019, 1–165.

Putri, Septara Uttrujjah Dwy. “PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE SITES DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BERBASIS BLENDED LEARNING SISWA SMP WASKITO TANGERANG SELATAN.” Pendidikan Dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Tarbiyah, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2022, 1–69.

Rochmawati, Farida, and Fatih Holis Ahnaf. “Upaya Meningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VII Dengan Model Discovery Learning Di SMP Negeri 1 Winongan.” Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) 2, no. 2 (2021): 66–71. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.28.

Saptono, Yohanes Joko. “MOTIVASI DAN KEBERHASILAN BELAJAR SISWA.” Volume I | Nomor 1 | Maret, 2016.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Umar Aliansyah, Moh., Hasan Mubarok, Sofiyatun Maimunah, and Magfirotul Hamdiah. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Di Pesantren Ainul Hasan.” Jurnal Syntax Fusion 1, no. 07 (2021): 119–24. https://doi.org/10.54543/fusion.v1i07.28.

Wahyuddin, Wawan. “Pendidikan Sepanjang Hayat Menurut Perspektif Islam (Kajian Tafsir Tarbawi ).” Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman 3, no. 2 (2016).

Yestiani, Dea Kiki, and Nabila Zahwa. “Peran Guru Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar 4, no. 1 (2020).

Downloads

Published

20-03-2024

How to Cite

Nuril Aini Istiqomah, Kustiana Arisanti, & Fatih Holis Ahnaf. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE SITES DALAM MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X DI MAN 2 PROBOLINGGO. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 6(1), 165–173. Retrieved from https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/1282