DIVERSITAS PENGGUNAAN BAHASA DALAM INTERAKSI PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN TANASITOLO

Authors

  • Muhlis Universitas Puangrimaggalatung
  • Ahmad Ghazali Samad Universitas Puangrimaggalatung
  • Nurcaya Universitas Puangrimaggalatung
  • Yusran Universitas Puangrimaggalatung
  • A. Anni Asri SMA Negeri 20 Bone

Keywords:

Diversitas, Bahasa, Layanan Publik

Abstract

ABSTRACT

Diversitas bahasa dalam layanan publik mencerminkan adaptasi dan inklusivitas yang memperkaya komunikasi antara petugas dan masyarakat, sehingga menciptakan interaksi yang lebih efektif dan memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman bahasa yang digunakan dalam interaksi antara masyarakat dan petugas di Kantor Kecamatan Tanasitolo serta keefektivitas penggunaan ragam bahasa tersebut. Penelitian yang bersifat langsung dan mendalam ini menggunakan metode kuantitatif untuk menggali data lebih detail. Responden  dalam penelitian ini adalah masyarakat yang memanfaatkan pelayanan di kantor Kecamatan Tanasitolo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat variasi dalam penggunaan bahasa oleh masyarakat yang datang ke kantor Kecamatan Tanasitolo. Dari 47 responden, 29,79% menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama, 14,89% menggunakan Bahasa Bugis, dan mayoritas 55,32% menggunakan campuran antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Bugis.  Sebagian besar responden (95,74%) menilai penggunaan ragam bahasa dalam pelayanan sangat efektif, sementara 4,26% menilainya sebagai efektif. Penelitian ini menegaskan bahwa penggunaan ragam bahasa yang sesuai dalam layanan publik tidak hanya meningkatkan efektivitas komunikasi tetapi juga memperkaya kehidupan sosial dan komunitas dengan menghargai keragaman dan inklusivitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, R., & Chandra, N E. (2021, April 1). Developing teaching materials of indonesian for speakers of other languages based on wetland environment. IOP Publishing, 758(1), 012003-012003. https://doi.org/10.1088/1755-1315/758/1/012003

Arfae, A M. (2020, March 1). Teaching Autonomy and Speaking Skill: A Case Study of Iranian EFL Learners. https://doi.org/10.17507/jltr.1102.04

Aukerman, M., & Beach, R. (2018, July 3). Student Conceptualizations of Task, Audience, and Self in Writing College Admissions Essays. Wiley-Blackwell, 62(3), 319-327. https://doi.org/10.1002/jaal.888

Bird, S. (2022, January 1). Local Languages, Third Spaces, and other High-Resource Scenarios. https://doi.org/10.18653/v1/2022.acl-long.539

Canestrino, R., Magliocca, P., & Li, Y. (2022, April 21). The Impact of Language Diversity on Knowledge Sharing Within International University Research Teams: Evidence From TED Project. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.879154

Duszak, A. (1997, December 31). Culture and Styles of Academic Discourse. De Gruyter. https://doi.org/10.1515/9783110821048

Edinger, J. (2023, February 28). Government Communications: Formality or Plain Language?. https://www.govtech.com/gov-experience/government-communications-formality-or-plain-language

Frost, J. (2022, May 15). Sampling Methods: Different Types in Research. https://statisticsbyjim.com/basics/sampling-methods/

Hamid, M O. (2016, March 5). The Politics of Language in Education in a Global Polity. https://doi.org/10.1002/9781118468005.ch14

Juanda, J. (2023, February 2). Peran Media Sosial dalam Pemerolehan Bahasa Remaja (Studi Kasus di UPTD SMP Negeri 1 Parepare, Sulawesi Selatan). https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2161

Mutiara, S., Wibaselppa, A., Nurlistiani, R., Wibasuri, A., & Utama, A Y. (2022, October 31). PELATIHAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI BAGI PERANGKAT DESA ANTAR BAWANG KABUPATEN LAMPUNG BARAT. https://doi.org/10.30873/jppm.v4i02.3287

Panicker, P. (2020, January 1). Exploring cultural challenges to implementing Educational Technology in the higher education sector in India. Cornell University. https://doi.org/10.48550/arxiv.2005.11020

Pi, B., & Liu, P. (2022, June 29). Design Method of Smart City Public Planning under the Constraint of Public Acceptability. https://doi.org/10.1155/2022/4609882

Population. (2023, January 1). https://www.math.net/population

Rahman, A., Heng, C S., & Abdullah, A N. (2022, September 13). LANGUAGE CHOICE IN EDUCATION IN A MULTILINGUAL SETTING: THE MALAYSIAN CONTEXT. https://doi.org/10.53808/kus.2010.10.1and2.0902-a

Rodriguez, G K M., Cawili, A P., & Puyoc, E B. (2020, January 1). Variation of Pronouncing Cultural Words of Biga, Tongrayan, and Limos Groups in Kalinga, Philippines. https://doi.org/10.22161/ijels.56.97

Ruanni, T., & Tupas, F. (2014, December 29). Kalayagan, tawid-buhay and Other Uses of Language in a Marginal Philippine Community: The Place of Language in Literacy and Social Development. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.2167/beb495.0

Sarce, J P. (2021, May 11). Teaching Philippine Literature and Illness: Finding Cure in Humanities. AesthetixMS: Aesthetics Media Services, 13(2). https://doi.org/10.21659/rupkatha.v13n2.09

Sururi, R Y., & Gantyowati, E. (2023, May 1). Development of Sustainability Report Research Tren in Indonesia. https://doi.org/10.30560/jems.v6n2p1

Downloads

Published

20-09-2024

How to Cite

Muhlis, Ahmad Ghazali Samad, Nurcaya, Yusran, & A. Anni Asri. (2024). DIVERSITAS PENGGUNAAN BAHASA DALAM INTERAKSI PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN TANASITOLO. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 6(2), 10–18. Retrieved from https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/1338