KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF INDUKTIF BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SOPPENG

Authors

  • Nur Sulis Ramadani Universitas Puangrimaggalatung
  • Dinaramdani Universitas Puangrimaggalatung
  • Nurcaya Universitas Puangrimaggalatung

Keywords:

Writing skill,, Inductive paragraph,, Indonesia Language

Abstract

This study aims to obtain an objective picture of the ability of XI students of SMA Negeri 2 Soppeng in writing inductive paragraphs in Indonesian. The research method used is descriptive quantitative method. The sample in this study was taken only 50% or 82 students from a population of 164 people. The data analysis technique used is quantitative analysis technique, namely analyzing data in the form of a frequency distributive table. The results showed that, based on a predetermined percentage standard of 85%, after processing the data obtained, it turned out that the ability of class XI students of SMA Negeri 2 Soppeng to write Indonesian inductive paragraphs was not sufficient, because the results achieved by students were 73.41 %. It is hoped that the teacher can provide motivation and a deeper understanding for students in developing writing skills, especially writing paragraphs

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damairul, Fatma dkk. 2020. Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deduktif dan Induktif dengan Menggunakan Model Picture And Picture di Kelas X Program Ips Sma Negeri 1 Kepahiang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 3 (1): 27-43.

Despa, Listiani Fransisca. 2020. Faktor Penyebab Kesulitan Menulis Fabel dan Model Pembelajaran yang Diharapkan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Sanata Dharma. Jurnal Kredo, 4 (2): 122-132.

Hafsari, Rahmania HS. 2020. Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deduktif dan Induktif melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Kelas Xi SMK Salumanurung. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Jayusman, Iyus dan Agus Kurniawan Shavab Oka. 2020. Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7 (1): 13-22.

Mardiyah. 2016. Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Melalui Kemampuan Mengembangkan Struktur Paragraf. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3 (2): 1-22.

Rahmadani, Nunu. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (Sas). Journal of Teaching and Learning Research, 1 (1): 33-40.

Suladi. 2014. Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia: Paragraf. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Tiara, Novita Msy. 2021. Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Menggembangkan Kemampuan Menulis Cerpen Pada Siswa Ix A di SMP Negeri 1 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan. Skripsi. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.

Yuandana, Sidana Arif dkk. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Kemampuan Menulis Cerpen pada Kelas XI Siswa SMAN 5 Surakarta. Jurnal Gramatika, 4 (1). 37-50.

Yunus, Mohamad dkk. 2021. Keterampilan Menulis. Banten: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

20-09-2022

How to Cite

Nur Sulis Ramadani, Dinaramdani, & Nurcaya. (2022). KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF INDUKTIF BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SOPPENG. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 4(2), 18–26. Retrieved from https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/880