KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF INDUKTIF BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SOPPENG

Main Article Content

Nur Sulis Ramadani
Dinaramdani
Nurcaya

Abstract

This study aims to obtain an objective picture of the ability of XI students of SMA Negeri 2 Soppeng in writing inductive paragraphs in Indonesian. The research method used is descriptive quantitative method. The sample in this study was taken only 50% or 82 students from a population of 164 people. The data analysis technique used is quantitative analysis technique, namely analyzing data in the form of a frequency distributive table. The results showed that, based on a predetermined percentage standard of 85%, after processing the data obtained, it turned out that the ability of class XI students of SMA Negeri 2 Soppeng to write Indonesian inductive paragraphs was not sufficient, because the results achieved by students were 73.41 %. It is hoped that the teacher can provide motivation and a deeper understanding for students in developing writing skills, especially writing paragraphs

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nur Sulis Ramadani, Dinaramdani, & Nurcaya. (2022). KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF INDUKTIF BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SOPPENG. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 4(2). Retrieved from https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/880
Section
Articles

References

Damairul, Fatma dkk. 2020. Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deduktif dan Induktif dengan Menggunakan Model Picture And Picture di Kelas X Program Ips Sma Negeri 1 Kepahiang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 3 (1): 27-43.

Despa, Listiani Fransisca. 2020. Faktor Penyebab Kesulitan Menulis Fabel dan Model Pembelajaran yang Diharapkan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Sanata Dharma. Jurnal Kredo, 4 (2): 122-132.

Hafsari, Rahmania HS. 2020. Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deduktif dan Induktif melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Kelas Xi SMK Salumanurung. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Jayusman, Iyus dan Agus Kurniawan Shavab Oka. 2020. Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7 (1): 13-22.

Mardiyah. 2016. Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Melalui Kemampuan Mengembangkan Struktur Paragraf. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3 (2): 1-22.

Rahmadani, Nunu. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (Sas). Journal of Teaching and Learning Research, 1 (1): 33-40.

Suladi. 2014. Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia: Paragraf. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Tiara, Novita Msy. 2021. Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Menggembangkan Kemampuan Menulis Cerpen Pada Siswa Ix A di SMP Negeri 1 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan. Skripsi. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.

Yuandana, Sidana Arif dkk. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Kemampuan Menulis Cerpen pada Kelas XI Siswa SMAN 5 Surakarta. Jurnal Gramatika, 4 (1). 37-50.

Yunus, Mohamad dkk. 2021. Keterampilan Menulis. Banten: Universitas Terbuka.