MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI PEMBELAJARAN PROYEK

Authors

  • Moh. Eko Nasrulloh Universitas Islam Malang
  • Nur Muhammad Ikhlashul Amal Universitas Negeri Malang

Keywords:

meningkatkan, keterlibatan siswa, pembelajaran proyek

Abstract

Dalam upaya meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran diperlukan metode yang sesuai bagi siswa. Semkin siswa terlibat dalam pembelajaran maka kebermaknaan pembelajaran semakin dirasakan. Dengan pembelajaran yang bermakna siswa menjadi bertambah daya ingatnya terhadap hasil belajar yang dilakukan. Motivasi tinggi juga menjadi faktor untuk siswa agar hasil belajar juga bias dicapainya dengan baik.  Pembelajaran berbasis  proyek dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor keterlibatan siswa yang beragam dalam pembelajaran berbasis proyek. Metode yang digunakan dengan penelitian kualitatif studi kasus untuk pengumpulan data dan menganalisis data dengan sumber kepala sekolah guru dan siswa. Hasil penelitian siswa dapat terlibat dalam pembelajaran proyek dengan berbagai ragam yang dapat dilakukan. Peningkatan keterlibatan siswa juga terjadi pada aspek pemahaman masalah. Konsep proyek yang dipilih juga beragam sesuai dengan pengetahuan siswa masing-masing. Pelaksanaan proyek juga beragam cara yang dipilih setiap siswa saat menyelesaikan tugas. Siswa juga menyepakati hasil keragaman pendapat yang disetujui satu pilihan Bersama. Guru juga memberikan penghargaan dan apresiasi terhadap keragaman proyek yang dihasilkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Zepke, N., & Leach, L. (2010). Belongingness in post-compulsory education: A review. Research in Post-Compulsory Education,

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Intrinsic and extrinsic motivations: Classic definitions and new directions. Contemporary Educational Psychology

Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Panduan Penyusunan Capaian Pembelajaran. Jakarta: Kemdikbud.

Susilo, A. (2018). Pedoman Penyusunan Tujuan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Edukasi.

Rusman. (2015). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. Autodesk Foundation.

Barron, B., & Darling-Hammond, L. (2008). Powerful Learning: What We Know About Teaching for Understanding. Jossey-Bass

Krajcik, J. S., & Blumenfeld, P. C. (2006). Project-Based Learning. In The Cambridge Handbook of the Learning Sciences (pp. 317-334). Cambridge University Press

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review

Harris, J. B., & Hofer, M. J. (2011). Learning to Teach with Technology: A Comprehensive Resource for Educators. Cambridge University Press.

Krajcik, J. S., & Blumenfeld, P. C. (2006). Project-Based Learning. In The Cambridge Handbook of the Learning Sciences (pp. 317-334). Cambridge University Press

Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas

Amin, M. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kemandirian Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Hadi, S. (2016). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar

Kusnadi, D. (2019). Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

Sukardi, S. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Inovasi Pendidikan

Widodo, W. (2018). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Sari, N. P., & Yuliana, L. (2017). Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi

Rizky, A. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan IPA

Downloads

Published

20-09-2024

How to Cite

Nasrulloh, M. E., & Amal, N. M. I. . (2024). MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI PEMBELAJARAN PROYEK. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 6(2), 91–99. Retrieved from https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/1464