MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI PEMBELAJARAN PROYEK
Keywords:
meningkatkan, keterlibatan siswa, pembelajaran proyekAbstract
Dalam upaya meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran diperlukan metode yang sesuai bagi siswa. Semkin siswa terlibat dalam pembelajaran maka kebermaknaan pembelajaran semakin dirasakan. Dengan pembelajaran yang bermakna siswa menjadi bertambah daya ingatnya terhadap hasil belajar yang dilakukan. Motivasi tinggi juga menjadi faktor untuk siswa agar hasil belajar juga bias dicapainya dengan baik. Pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor keterlibatan siswa yang beragam dalam pembelajaran berbasis proyek. Metode yang digunakan dengan penelitian kualitatif studi kasus untuk pengumpulan data dan menganalisis data dengan sumber kepala sekolah guru dan siswa. Hasil penelitian siswa dapat terlibat dalam pembelajaran proyek dengan berbagai ragam yang dapat dilakukan. Peningkatan keterlibatan siswa juga terjadi pada aspek pemahaman masalah. Konsep proyek yang dipilih juga beragam sesuai dengan pengetahuan siswa masing-masing. Pelaksanaan proyek juga beragam cara yang dipilih setiap siswa saat menyelesaikan tugas. Siswa juga menyepakati hasil keragaman pendapat yang disetujui satu pilihan Bersama. Guru juga memberikan penghargaan dan apresiasi terhadap keragaman proyek yang dihasilkan.
Downloads
References
Zepke, N., & Leach, L. (2010). Belongingness in post-compulsory education: A review. Research in Post-Compulsory Education,
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Intrinsic and extrinsic motivations: Classic definitions and new directions. Contemporary Educational Psychology
Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Panduan Penyusunan Capaian Pembelajaran. Jakarta: Kemdikbud.
Susilo, A. (2018). Pedoman Penyusunan Tujuan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Edukasi.
Rusman. (2015). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. Autodesk Foundation.
Barron, B., & Darling-Hammond, L. (2008). Powerful Learning: What We Know About Teaching for Understanding. Jossey-Bass
Krajcik, J. S., & Blumenfeld, P. C. (2006). Project-Based Learning. In The Cambridge Handbook of the Learning Sciences (pp. 317-334). Cambridge University Press
Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review
Harris, J. B., & Hofer, M. J. (2011). Learning to Teach with Technology: A Comprehensive Resource for Educators. Cambridge University Press.
Krajcik, J. S., & Blumenfeld, P. C. (2006). Project-Based Learning. In The Cambridge Handbook of the Learning Sciences (pp. 317-334). Cambridge University Press
Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas
Amin, M. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kemandirian Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Hadi, S. (2016). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar
Kusnadi, D. (2019). Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Sukardi, S. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Inovasi Pendidikan
Widodo, W. (2018). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Sari, N. P., & Yuliana, L. (2017). Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi
Rizky, A. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan IPA