Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengelola Proses Pembelajaran di SD Negeri Bulupitu Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang
DOI:
https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v1i2.205Keywords:
Kompetensi pedagogik,, Mengelola Proses PembelajaranAbstract
Kebutuhan Pedagogik bagi Guru adalah diantaranya Guru bisa memahami karakter siswanya, guru memahami latar belakang siswanya baik dari segi kondisi ekonomi orang tuanya maupun lingkungan, guru bisa memahami dan mampu mendesain dan merencanakan pembelajaran, guru mampu dan mengusai mengajar dengan bermacam-macam model dan metode pembelajaran sehingga cara mengajar tidak monoton, guru mampu sebagai motivator, insprirator dan menjadi guru yang kreatif dan inovatif. Disebut guru yang professional adalah guru yang mempunyai empat komptensi, salah satunya adalah kompetensi pedagogik sehingga kompetensi pedagogik penting dalam penerimaan guru baru.
Focus penelitian dalam kompetensi pedagogik ini ditekankan pada: 1) bagaimana kompetensi pedagogic 2) faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengelola proses pembelajaran dan 3) bagaimana upaya guru tersebut. Dengan menggunakan metode kualitatif kompetensi pedagogik bertujuan untuk mengetahui Kompetensi Pedagogig Guru Pendidikan Agama Islam Serta faktor pendukung dan penghambat, juga mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi suatu hambatan. Berdasarkan data dari hasil wawancara, observasi, dan studi dokumentasi dapat disimpulkan oleh peneliti bahwa kompetensi pedagogik guru PAI sudah terlaksana dengan baik.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Aziz, Hamka Abdul. (2012). Karakter Guru Profesional. Jakarta: Al-mawardi Prima.
Daryanto. (2013). Standard Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Gava Media.
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2016). Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2016). Materi Umum dan Materi Pokok. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Hosnan. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Irwantoro, Nur. Yusuf Suryana. (2015). Kompetensi Pedagogik. Surabaya: Genta Group Production.
Kurniadin, Didin. (2012). Manajemen Pendidikan Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Kuniasih, imas. Berlin Sani. (2017). Kupas Tuntas Kompetensi Pedagogik Teori dan Praktik. Kata Pena.
Moleong, Lexy J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukandarrumidi. (2006). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Gadjah Mada Unversity Press.
Sumadinata, Nana Sayodih. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Rmaja Rosdakarya.
Suparlan. (2003). Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat.
Suryabrata, Sumardi. (2005). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Taufiqi. (2014). 49 Hari Menjadi Guru Idola Luar Biasa dan Kaya Raya. Malang: Dream Litera.
Wahyudi, Imam. 2012. Pengembangan pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Yasin, Ahmad Fatah. Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah (Studi Kasus di MIN Malang I). Jurnal El- Qudwah. April 2012. Vol.1, No.5, pp. 157-181. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/lemlit/article/view/ 1942 (diakses pada 9 September 2018).
Zulaeha, Dewi Laila. Kompetensi Pedagogik Guru Akidah Akhlak Dalam Penggunaan Media Pembelajarannya (Study Kasus di MTs Negeri Pangandaran). http://digilib.uin-suka.ac.id/10184/ diakses pada 1 Juni 2018.