ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL KEMBARA RINDU KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY
Keywords:
Nilai Pendidikan Islam,, Novel Kembara,, Habiburrahman El ShirazyAbstract
Analisis nilai nilai-nilai pendidikan dalam novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy. Sebuah studi kajian pustaka. Studi Pendidikan Agama Islam Kata kunci: Analisis nilai-nilai pendidikan islam, novel. Titik fokus penelitian ini adalah pada: Nilai-nilai pendidikan islam yang terkandung dalam novel "Bidadari Bermata Bening" karya Habiburrahman EI-Shirazy. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Nilai-nilai pendidikan Islam apa sajakah yang terkandung dalam novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El-shirazy. Data dikumpulkan dengan menggunakan dekumentasi. dan metode analisis data yang diperoleh dari basil penelitian yang diuraikan dalam bentuk metode analisis deskriptif kualitatif dan tidak diolah dalam bentuk bilangan statistik. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa di dalam novel Kembara Rindu karya Habiburrahman EI Shirazy memiliki nilai-nilai pendidikan islam yang didapatkan melalui setiap kalimat, paragraf dalam novel tersebut.
Downloads
References
Abror, Khoirul (2019). “Fiqih Ibadah “ .Cetakan 1.Lampung: CV Arjasa Pratama Bandar Lampung.
Ad dimasqi, Jamaluddin al qosimi. Moidhotul mu’minin. Juz II. Toha Putra Semarang
Ansori, Raden Ahmad Muhajir. (2016). “Strategi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik “. Jurnal Pusaka.
Elihami, E., & Firawati, F. (2017). Transformasi Sosial dalam Nilai-Nilai Pendidikan Islam di Kabupaten Sidenreng Rappang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 1(2), 51-60. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v1i2.25
El Shirazy, Habiburrahman (2019). Kembara Rindu. Cetakan I. Jakarta: Republika Penerbit.
Fauziyah, Nureza. (November 2020). “Dampak Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Islam “ . Al-Mau’Izhoh.
Halik, Abdul. (September 2013). Dialektika Filsafat Pendidikan Islam (Argumentasi dan Epistomologis). Istiqra’.
Hambali, Ilham (25 Juni 2022).” Pengertian Jujur Dalam Islam”. https://www.islampos.com
Ilham, Dodi. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan.
Ishom, Muhammad (14 Juni 2022).” Pentingnya Ikhtiar, Doa dan Tawakal”. https://islam.nu.or.id.
Mawarti, Sri (2017). “Nilai-Nilai Pendidikan Toleransi Dalam Pembelajaran Agama Islam. Puslit. Lppm uin-suska.
Muda, Ahmad A.K. (2006). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia: Dilengkapi dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Jakarta: Reality Publiser.
Nur Kholidah, Lilik. (2018). “Analisis Makna Ayat-Ayat Al Qur’an Yang Bermuatan Pembentukan Karakter Positif Dan Implikasi Pembelajarannya“.
Nurulloh, Endang Syarif. (2019). “Pendidikan Islam Dan Pengembangan Kesadaran Lingkungan”. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam.
Purnama, Yulian (25 Juni 2002).” Jadilah Hamba yang Bersyukur “. https://muslim.or.id
Putra, Pristian Hadi. (Desember 2019).” Tantangan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Society 5.0 “. Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman.
Rakasa, Indra. (2011).” Psikologi Pendidikan Teori Dan Praktik. Psikologi Pendidikan.
Rahmah, Mamluatur. (Mei-Oktober 2021).” Husnuzan dalam persepektif Al Qur’an serta implementasinya dalam meamknai hidup”. Academic Journal of Islamic Principles and Philoshopy.
Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodik, (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Cetakan I: Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Wahid, Abdul. (September 2015).” Konsep Dan Tujuan Pendidikan Islam ( Concept and Objectives of Islamic Education ) “. Istiqra’.
Wijaya, Hengki. (2018). Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Yanti, Khusnur Rahma. (2021). “Nilai- Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Novel Kembara Rindu Karya Habiburahman El Shirazy“, Skripsi, Yogyakarta Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.