SUMBER FILSAFAT ISLAM: WAHYU, AKAL, DAN INDERA
DOI:
https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v5i1.936Keywords:
Sumber Filsafat, Filsafat Islam, Wahyu, Akal, Indera.Abstract
Manusia diciptakan dengan bekal potensi berupa akal dan indera yang melekat secara fisik dalam dirinya. Tuhan pun menyiapkan pedoman khusus kehidupan manusia guna memenuhi kebutuhan dan kepentingannya di dunia dan akhirat. Pedoman ini berupa wahyu yang disampaikan kepada para Nabi dan Rasulnya. Akal dan indera yang dimiliki manusia ini mendorongnya untuk senantiasa mendapatkan berbagai informasi hingga ilmu pengetahuan. Untuk mencapai kebenaran berpikir manusia tidak dapat mengandalkan kemampuan akal dan inderanya karena terdapat hal-hal di luar nalar manusia yang tidak dapat ditembus oleh keduanya. Sehingga manusia membutuhkan petunjuk berupa pedoman wahyu. Dengan tidak mengenyampingkan kedua potensi anugerah tersebut, penulis akan membahas kebenaran wahyu, akal dan indera menjadi sumber filsafat Islam.
Downloads
References
Ash-Showi, ash-Showi Ahmad. (1998). al-Falsafah al-Islamiyah: Mafhumuha wa Ahammiyatuha wa Nasyatuha wa Ahammu Qodhoyaha. Madarisul Falsafah: جامعة قئاة السوي،.
Ah-Rani, Ahmad Fuad. (1985). Al-Falsafah al-Islamiyah.
C.A. Qadir. (2002). Filsafat dan ilmu pengetahuan dalam Islam, Terj. Hasan Basri. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Esha, Muhammad In’am. (2010) Menuju Pemikiran Filsafat. Malang: UIN Maliki Press.
Dasuki, Hafizh. (1994). Ensiklopedi Islam. Jakarta: P.T Ichtiar Baru Van Hoeve.
Gilson, Etine. (1969). God and Philosophy. New Haven d London: Yale University press.
Hasyimsyah. (2005). Filsafat Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Ibnu Maskawaih. (1426) Tahdzibul akhlak wa Tathhirul al-A’raq. Iraq: Thali’ah Nur.
Ibnu Zakariya al-Razi. (1973).“at-Thibb al-Ruhani” dalam Rasail Falsafiyah. Beirut: Daral-Afa.
Jaluddin, dan Usman Said. (1994). Filsafat pendidikan Islam Konsep dan Perkembangan Pemikirannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
K, Rendra. (2000). Metodologi Psikologi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sholeh, Khudori. (2010). Integrasi Agama dan Filsafat: Pemikiran Epistimologi al-Farabi. Malang: UIN MALIKI PRESS
_________(2014). Filsafat Islam: Dari Klasik Hingga Kontemporer. Jogjakarta: Arruz Media.
Kuliah Filsafat Keagamaan Islam pada tanggal 26 September 2015.
Yunus, Mahmud. (1992). Kamus Bahasa Arab. Jakarta: Serambi.
Madkur, Ibrahim. (2004). Aliran dan Teori Filsafat Islam terj. Yudian Wahyudi Asmin.Jakarta: Bumi Aksara.
__________.Fi al-falsafah al-Islamiyah: manhaj wa Tathbiq. Al-Qahirah: Dar al-ma’arif. tt.
Maghnih, Muhammad Jawwad. Ma’alim al-Falsafah al-Islamiyah. Bairut: Maktabah al-Hilal, tt.
Madjid, Nurcholish. (2005). Islam Doktrin & Peradaban : sebuah telaah kritis tentang masalah keimanan, kemanusiaan dan kemodernan. Jakarta: Paramadina.
Muqim, Muhammad (ed). (1994) Research Metodology in Islamic Perspektive. New Delhi: Institute of Objective studies.
al-Marzuki, Jamal. (2001). Dirasat fi ‘ilmi al-Kalam wa al-falsafah al-Islamiyah. Dar Afaq al-Arabiyah: Mesir.
Najati, Muhammad Utsman. (2002). Jiwa dalam Pandangan Para Filosof. Terj. Gazi Sloom. Bandung: Pustaka Hidayah.
Nasr, Sayyed Husain. (2003). Antara Tuhan Manusia dan Alam. Yokyakarta: IRCiSoD.
Nasution, Harun. (1986). Akal dan Wahyu dalam Islam. Jakarta: UI Press.
Nasution, Harun. (1987). Muhammad ‘Abduh dan Teologi Rasional Mu‘tazilah. Jakarta: UI Press.
Nasyr. Mushtofa. (1998). Madkhal Jadid ila al-Falsafah. Al-Qahirah: lithaba’ah wa an-nasyr wa at-Tauzi.
Shihab, Quraish. (2001). Logika Agama. Jakarta: Lentera Hati.
Sudarsono. (2004). Filsafat Islam. Jakarta: Rineka Cipta.
Sulaiman, Abbas Muhammad Hayan. (1998). Baina ilmi al-Klam wa al-Falsafah fi al-Fikri al-Islamiy. Dar al-Ma’rifah al-Jami’ah.
Zar, Sirajuddin. (2004). Filsafat Islam: Filosof dan Filsafatnya. Jakarta: PT. Raja Garafindo Persada.