THE ROLE OF PESANTREN IN THE EMPLOYMENT OF WORKERS IN THE INDUSTRIAL ERA 4.0
(Study at Pondok Pesantren Attanwir Bojonegoro)
DOI:
https://doi.org/10.35897/studipesantren.v4i1.1091Kata Kunci:
Pesantren, Labor Absorption, Industrial Era 4.0Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran Pondok Pesantren Attanwir Bojonegoro dalam menyerap tenaga kerja di era Industri 4.0. Studi ini berfokus pada transformasi Pondok Pesantren Attanwir dari lembaga tradisional menjadi lembaga modern, dan upaya yang dilakukan oleh lembaga tersebut untuk mengembangkan kreativitas para santrinya. Artikel ini juga membahas tantangan dan prospek pesantren dalam pendidikan karakter di era Industri 4.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Attanwir telah memainkan peran penting dalam menyerap tenaga kerja di era Industri 4.0 dengan membekali para santrinya dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk beradaptasi dengan pasar kerja yang terus berubah.
Unduhan
Referensi
Ali, M. (2011). Sistem pendidikan pesantren menurut Nurcholish Madjid. IAIN Purwokerto.
Anwar, M. S., Huda, M., & Maghfiroh, R. (2022). INTEGRASI KURIKULUM PESANTREN DAN MADRASAH (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL-ISHLAH JENGGAWAH JEMBER). Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 142–152.
Azzahra, R. (2021). Penguatan Kemandirian Ekonomi Pesantren Berbasis Syariah. Diambil 22 Juni 2023, dari kneks.go.id website: https://kneks.go.id/isuutama/26/penguatan-kemandirian-ekonomi-pesantren-berbasis-syariah
Dewi, D. R. (2019). Pengembangan kurikulum di Indonesia dalam menghadapi tuntutan abad ke-21. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 1–22.
Fara Diba, I., & Muhid, A. (2022). Pentingnya Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era 4.0. Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 13(1), 44–60. https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v13i1.145
Faridatul, M. (2014). PENGARUH INFLASI TERHADAP TINGKAT PEKERJA SEKTOR INFORMAL DI PROVINSI JAWA TIMUR. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 2(3).
Fatmawati, D. A. N., & Yazid, S. (2023). EFEKTIVITAS NILAI-NILAI SUFISTIK DI ERA MODERNISME TERHADAP SPIRITUAL SANTRI PONDOK PESANTREN. Jurnal Ilmiah Spiritualis (JIS): Jurnal Pemikiran Islam dan Tasawuf, 9(1), 66–89.
Hamam, M. (2023). Wawancara Pembaharuan Sistem Pondok Pesantren Attanwir. Bojonegoro.
Helaluddin, H. (2018). Mengenal Lebih Dekat dengan Pendekatan Fenomenologi: Sebuah Penelitian Kualitatif.
Ihsan Fauzi, M., & Abdussalam, A. (2022). Pesantren and Islamic Religious Education (IRE): The Role and Implication of Islamic Boarding School for IRE in Schools. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 9(2), 131. https://doi.org/10.17509/t.v9i2.45839
Kebudayaan, D. P. dan. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia. In Republik Indonesia. Gramedia.
KEMENPERIN. (2003). Undang - Undang RI No 13 tahun 2003. Ketenagakerjaan, (1).
Manab, H. A. (2014). Penelitian pendidikan: Pendekatan kualitatif. Kalimedia.
Mualif Muhammad, Dadang Kurnia, S. (2020). Optimalisasi Peran Santri dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 di Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Prosiding Senantias, 1(1), 511–520.
Mutiara, P. (2019). Pendidikan Keterampilan Memperkuat Peran Santri. Diambil 22 Juni 2023, dari kemenkopmk.go.id website: https://www.kemenkopmk.go.id/pendidikan-keterampilan-memperkuat-peran-santri
Nurmadiansyah, M. T. (2016). Manajemen Pendidikan Pesantren: Suatu Upaya Memajukan Tradisi. Jurnal MD, 2(1).
Rahardjo, M. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Diambil dari uin-malang.ac.id website: https://uin-malang.ac.id/r/110601/metode-pengumpulan-data-penelitian-kualitatif.html
Rofiq, A. (2022). Integrasi Kurikulum Pesantren dan Kurikulum Madrasah Aliyah di MA Islamiyah Pondok Pesantren Attanwir Desa Talun Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. EDU-RELIGIA : Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya, 5(1), 89–97. https://doi.org/10.52166/edu-religia.v5i1.2982
Sahal, F. (2023). Wawancara Kerjasama Pondok Pesantren Attanwir dengan Lembaga Industri. Bojonegoro.
Sanadi, H. (2023). Wawancara Pembelajaran di Pondok Attanwir. Bojonegoro.
Satya, V. E. (2018). Strategi Indonesia Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, X(09), 19.
Savitri, A. (2019). Revolusi industri 4.0: mengubah tantangan menjadi peluang di era disrupsi 4.0. Penerbit Genesis.
Sullam, M. R. (2020). Madrasah, Pondok Pesantren Dan Revolusi Industri 4.0. Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 2(2), 89. https://doi.org/10.18592/msr.v2i2.4317
Tolib, A. (2015). Pendidikan di pondok pesantren modern. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 60–66.
Wati, K., Lubis, M., & Walid, A. (2021). Peranan Pesantren dalam Mengahadapi Generasi Alfa Dan Tantangan Dunia Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. Journal Of Elementary Ecucation, 5(2), 131–139.