Relasi Interpersonal Relasi Interpersonal Santri Pondok Pesantren Mansyaul Ulum Ganjaran Gondanglegi Malang

Penulis

  • Badrul Arifin Universitas Al-Qolam Malang

DOI:

https://doi.org/10.35897/studipesantren.v4i2.1425

Kata Kunci:

Relasi Interpersonal, Pondok Pesantren, Santri

Abstrak

Relasi Interpersonal mengacu pada hubungan dan interaksi yang terbentuk antara dua orang atau lebih. Ini merupakan salah satu aspek penting dari Relasi Interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Relasi Interpersonal para santri. Fokus penelitiannya adalah: 1) Mengidentifikasi bentuk-bentuk Relasi Interpersonal yang ditunjukkan oleh para santri, 2) Menganalisis faktor-faktor yang membentuk Relasi Interpersonal santri, dan 3) Mengetahui jenis-jenis Relasi Interpersonal yang menonjol di kalangan santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Relasi Interpersonal santri di Pondok Pesantren Mansyaul Ulum mencerminkan sifat-sifat positif, seperti saling menghormati, bersikap sopan, tolong-menolong, peka dan peduli terhadap sesama, serta memiliki rasa terima kasih yang tinggi. Relasi Interpersonal ini terlihat dalam kegiatan sehari-hari, seperti saling menjenguk dan merawat teman yang sakit, memberi salam, dan mencium tangan yang lebih tua. Faktor utama yang membentuk Relasi Interpersonal santri adalah keteladanan dan kepribadian sang kiai, yang tercermin dalam kedisiplinan, kewibawaan, kedekatan dengan santri, pemberian kasih sayang, dan nasihat. Menurut kiai, seorang guru harus menjadi teladan yang baik bagi para santrinya. Jenis Relasi Interpersonal yang paling menonjol di kalangan santri adalah kecenderungan untuk hidup mandiri, bergaul dengan baik, ramah, dan patuh terhadap tata tertib pesantren, yang terlihat dari perilaku sopan santun mereka dalam kehidupan sehari-hari di pondok pesantren.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Elsa., Hoerunnisa, Wilodati, dan Aceng Kosasih. 2017. Strategi Pihak Pesantren dalam Mengatasi Santri yang Melakukan Perilaku Menyimpang. Jurnal SOSIETAS. Vol. 7, No. 1. Hal. 323

Elly, Kismini, Krisnawatidan Adang Syamsudin Sulaha. 2016. Makna Perilaku Siswa dalam Perayaan Kelulusan Ujian pada Smk Negeri 1 Rembang Tahun Ajaran 2014/2015 (Tinjauan Interaksionisme Simbolik Blumer). Jurnal Solidarity. Vol. 5, No. 2. Hal. 173

Elly., Malihah, Bunyamin Maftuh, dan Rizki Amalia. 2014. Tawuran Pelajar: Solidarity in the Student Group and its Influence on Brawl Behaviour. Jurnal Komunitas. Vol. 6, No. 2. Hal. 212

Jauhari, Muhammad Ahsan. 2017. Relasi Interpersonal Santri Pondok Pesantren Al-Ishlah Bandar Kidul Mojoroto Kota Kediri setelah Mengikuti Pengajian Kitab Al-Hikam. Jurnal Spriritualita. Vol. 1, No. 1. Hal. 4

Masrur, Mohammad. 2017. Figur Kyai dan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol. 01, No. 02. Hal. 277

Muhakamurrohman, Ahmad. 2014. Pesantren: Santri, Kyai dan Tradisi. Jurnal Kebudayaan Islam. Vol. 12, No. 2. Hal. 112-114

Nisrima, Siti., Muhammad Yunus, dan Erna Hayati. 2016. Pembinaan Relasi Interpersonal Remaja Penghuni Yayasan Islam Media Kasih Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah. Vol. 1, No. 1. Hal. 198- 199

Ritzer, George. 2003. Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Setyaningsih, Rini. 2016. Kontinuitas Pesantren dan Madrasah di Indonesia. Jurnal At-Ta’dib. Vol. 11, No. 1. Hal. 169

Smith, Heather., J and Yuen J. Huo2. Relative Deprivation: How Subjective Experiences of Inequality Influence Social Behavior and Health. Policy Insights from the Behavioral and Brain Sciences. Vol. 1, No. 1. Hal. 233

Suwarno. 2017. Pondok Pesantren dan Pembentukan Karakter Santri (Studi tentang Pengembangan Potensi-Potensi Kepribadian Peserta Didik Pondok Pesantren Terpadu Almultazam Kabupaten Kuningan). Jurnal Ilmiah Kajian Islam. Vol. 2, No. 1. Hal. 81

Walgito, Bimo. 2003. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: Andi Offset

Zuhriy, M. Syaifuddien. 2011. Budaya Pesantren dan Pendidikan Karakter pada Pondok Pesantren Salaf. Jurnal Walisongo. Vol. 19, No. 2. Hal. 291

Zakso, Amrazi Rustiyarso, Tri Haryati,, dan 2013. Sikap dan Perilaku Siswa Berbasis Pondok Pesantren Sekolah Menengah Atas Hidayatul Muhsinin Kubu Raya. Artikel Penelitian. Universitas Tanjungpura. Hal. 3-10

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-29

Cara Mengutip

Badrul Arifin. (2024). Relasi Interpersonal Relasi Interpersonal Santri Pondok Pesantren Mansyaul Ulum Ganjaran Gondanglegi Malang. Jurnal Studi Pesantren, 4(2), 1–19. https://doi.org/10.35897/studipesantren.v4i2.1425