INTEGRASI PEMBELAJARAN FIKIH WANITA DALAM MENJAGA KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA PADA SANTRIWATI AL-ISLAM YOGYAKARTA

Penulis

  • Zulfa Laila Fitri Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Waharjani Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Jannatul Husna Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.35897/studipesantren.v5i1.1540

Kata Kunci:

pendidikan kesehatan reproduksi, fikih wanita, pesantren Al-Islam, Integrasi

Abstrak

Pendidikan kesehatan reproduksi pada remaja merupakan isu penting karena banyaknya kasus kehamilan tidak diinginkan dan kekerasan seksual yang melibatkan remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran fikih wanita membantu menjaga kesehatan reproduksi remaja di kalangan santriwati Al-Islam di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus; pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fikih wanita di pesantren Al-Islam menggabungkan materi kesehatan reproduksi dengan cara yang menggabungkan ajaran agama dengan pengetahuan kesehatan. Ceramah, diskusi, dan evaluasi adalah metode pembelajaran yang digunakan. Santriwati menunjukkan pemahaman yang baik tentang pentingnya menjaga kesehatan reproduksi, yang sesuai dengan ajaran Islam mencakup aspek fisik dan moral.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akbar, H., KM, S., Epid, M., Qasim, N. M., Hidayani, W. R., KM, S., Ariantini, N. S., KM, S., Ramli, S. K. M., & Gustirini, R. (2021). Teori Kesehatan Reproduksi. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Al-Naisabūri, M. bin al-H. (2004). Shahih Muslim. Beirut: Dār al-Kitab al-’Azi.

Anggraeni, L. (2024). FIKIH PEREMPUAN DAN ANAK Dalam Dimensi Privat dan Publik. UMMPress.

Ardiansyah, SKM, M. (2022). Kesehatan Reproduksi Remaja : Permasalahan dan Upaya Pencegahan. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/29/kesehatan-reproduksi-remaja-permasalahan-dan-upaya-pencegahan

Azmi, P. U., & Romadhoni, P. U. (2024). Pendidikan Seksual Perspektif Hukum Keluarga:: Pengertian (Kekerasan Seksual dan Pendidikan Seksual), Peran Orang Tua, Kasus Beserta Analisisnya. As-Syar i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 6(1), 430–455.

Diananda, A. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya. Journal Istighna, 1(1), 116–133.

Ernawati Sinaga, E. S., Nonon Saribanon, N. S., Sa’adah, S. N., Sa’adah, S. N., Ummu Salamah, U. S., Yulia Andani Murti, Y. A. M., Agusniar Trisnamiati, A. T., & Santa Lorita, S. L. (2017). Manajemen kesehatan menstruasi. Universitas Nasional IWWASH Global One.

Haniah, A., Azalia, A., & Rahmadina, N. A. (2023). Pentingnya Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Organ Reproduksi Wanita Menurut Pandangan Islam. Islamic Education, 1(3), 667–676.

Ja’far, H. A. K. (2021). Hukum Perkawinan Islam di Indonesia. Arjasa Pratama.

Khallaf, A. W. (1994). Ilmu Usuf Fikih. Toha Putra.

Kurniasih, H. (2023). Kelas Calon Pengantin (Kecap-Tin).

Lajnah Pentashih Mushaf Al-Qur’an (Ed.). (2015). Al-Quran Kementrian Agama RI.

Marhayati, N. (2021). Pendidikan seks bagi anak dan remaja: perspektif psikologi islam. Jurnal Ilmiah Syi’ar, 21(1), 45–61.

MAULIDA, K. (2022). GAMBARAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE GENITALIA PADA WANITA PEKERJA PABRIK DI PT. RODEO PRIMA JAYA SEMARANG. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Muiz, M. F. (2023). Implikasi Pengajian kitab Dalil Al-Mahid Dalam Meningkatkan Pemahaman Haid dan Istihadah Santri Putra Pondok pesantren Darul Huda Ponorogo. IAIN Ponorogo.

Nafisah, D., & Harahap, K. A. (2022). Problematika dan Solusi Kesehatan Reproduksi Remaja Perspektif Fikih dan Psiko-Sosiologis. El-Aqwal: Journal of Sharia and Comparative Law, 61–78.

Nisa, S. U., & Athifah, N. A. (2023). INTEGRASI PENDIDIKAN SEKSUAL DALAM ILMU FIKIH UNTUK MENCEGAH PENYIMPANGAN PERILAKU SEKSUAL: Studi Kasus pada Ma’had Imam Syafi’i Jember. Al-Usariyah: Jurnal Hukum Keluarga Islam, 1(2), 116–133.

Puspitasari, R. (2022). Pola Hidup Sehat Menurut Al-Qur’an:(Kajian Maudhu’i Terhadap Ayat-ayat Kesehatan). INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 8(1), 133–163.

Putri, A. A., Kusumawardhani, P. A., & Cholifah, S. (2021). The Relationship between Personal Hygiene Behavior with Vaginal Discharge in Young Women. Jurnal Kebidanan Midwiferia, 7(1), 1–8.

Ratu Matahari, S. K. M., Utami, F. P., & SKM, M. K. (2018). Kesehatan Reproduksi Remaja dan Infeksi Menular Seksual. Pustaka Ilmu.

Rifky, S., Saepullah, A., & Maolia, N. C. (2024). Analisis Hukum Islam dan Undang-Undang Perkawinan terhadap Istri yang menolak Hubungan Intim. Jurnal Keislaman, 7(1), 10–24.

Rima Wirenviona, S. S. T., Riris, A. A. I. D. C., & ST, S. (2020). Edukasi kesehatan reproduksi remaja. Airlangga University Press.

Solekha, Z. (2018). Seksualitas Bagi Remaja dalam Perspektif Islam. UIN Raden Intan Lampung.

Sudargo, T., & Aristasari, T. (2018). 1000 hari pertama kehidupan. Ugm Press.

Sugiyono, P. D. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Vinolia, E., Afwina, G. A., & Trinedy, S. R. (2024). Analisis Mitos Terhadap Larangan Keramas Saat Menstruasi dalam Perspektif Islam dan Kesehatan. Islamologi: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 1(2), 210–220.

Wicaksono, A. B., & Ashari, W. S. (2024). Analisis Perlindungan Islam Terhadap Perempuan Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga dalam Tinjauan Maqashid Syariah. Rayah Al-Islam, 8(3), 888–904.

Windayanti, H., Khayati, Y. N., Veftisia, V., Widyaningsih, A., Dewi, M. K., Mulyani, M., Aprilia, N., Sabwan, I. K., & Sari, L. A. (2021). Yoga untuk Mengurangi Nyeri Haid Primer pada Remaja Putri. Indonesian Journal of Community Empowerment (Ijce), 3(2), 93–100.

Zubaidah, Z., Sabarrudin, S., & Yulianti, Y. (2023). Urgensi Pendidikan seks pada remaja. Journal of Education Research, 4(4), 1737–1743.

Zulkifli, Z., Susanto, H., & Linda, R. S. (2022). Interpretasi Sex Education Dalam Perspektif Pendidikan Islam. FIKRUNA, 4(2), 98–107.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-07

Cara Mengutip

Fitri, Z. L., Waharjani, & Jannatul Husna. (2025). INTEGRASI PEMBELAJARAN FIKIH WANITA DALAM MENJAGA KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA PADA SANTRIWATI AL-ISLAM YOGYAKARTA. Jurnal Studi Pesantren, 5(1), 10–27. https://doi.org/10.35897/studipesantren.v5i1.1540