PENGELOLAAN PONDOK PESANTREN MODERN
(Studi Kasus di Pondok Pesantren Sultan Hasanudin Makassar)
DOI:
https://doi.org/10.35897/studipesantren.v5i1.1567Kata Kunci:
Islamic Boarding School, Curriculum Integration, Modern EducationAbstrak
Penelitian bertujuan untuk menggambarkan pengelolaan pondok pesantren modern di pondok pesantren sutan hasanuddin , sebuah pesantren yang berada di Kabupaten Gowa. Penelitian dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif,data dikumpulkan melalui wawancara langsung dengan pengelola pondok pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di Pondok Pesantren Modern Sultan Hasanuddin Gowa, dapat disimpulkan bahwa, Pondok Pesantren Sultan Hasanuddin Gowa berhasil menggabungkan konsep pendidikan modern dengan tradisi pesantren. Pendidikan di pesantren ini menggunakan kurikulum nasional yang digabungkan dengan pendidikan agama, sehingga santri mendapatkan pendidikan yang seimbang antara ilmu umum dan ilmu agama.
Unduhan
Referensi
Asmadi, Afiful Ikhwan, & Nuraini. (2020). Implementasi Program Tahfidz dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an (Studi Komparatif di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar dan Pondok Pesantren Darul Fikri Bringin Ponorogo). Jurnal Mahasiswa Paskasarjana, 1(1), 1–36. http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/JMP
Fathul Amin. (2020). Analisa Pendidikan Pesantren Dan Perannya Terhadap Pendidikan Islam. Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 13(2), 56–73. https://doi.org/10.51675/jt.v13i2.63
Fitri, R., & Ondeng, S. (2022). Pesantren Di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 42–54. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul
Hasanah, I. M., Asbari, M., & Wardah, H. (2024). Guru Berkualitas: Esensi Pendidikan Bermutu. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(3), 23–27.
Hidayatullah, S., Hakim, L., & Ahyar, A. (2024). Pola Rekrutmen Sumber Daya Manusia di Pondok Pesantren (Studi Komparatif Pesantren Syaikh Zainuddin NW Anjani dan Maraqitta’limat Mamben). Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 11(2), 171–182. https://doi.org/10.69896/modeling.v11i2.2395
Irwansyah. (2022). Jurnal Kependidikan Jurnal Kependidikan. Jurnal Kependidikan, 7(2), 19–27. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/1097-Article Text-3401-1-10-20230117.pdf
La Hadisi, Zulkifli Musthan, Rasmi Gazali, Herman, S. Zur. (2022). Peran Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Modern Gontor 7 Riyadhatul Mujahidin Kabupaten Konawe Selatan. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2955
Maesaroh, N., & Achdiani, Y. (2018). Tugas Dan Fungsi Pesantren Di Era Modern. Sosietas, 7(1), 346–353. https://doi.org/10.17509/sosietas.v7i1.10348
Muhamad Suparji, & Alfin Julianto. (2023). Sistem Pengelolaan Pendidikan Pesantren Modern (Studi Kasus Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 Bogor). Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 3(2), 93–103. https://doi.org/10.69775/jpia.v3i2.104
Nasir, M., & Maisah Maisah. (2022). Pengelolaan Pondok Pesantren Dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam (Studi Pada Pondok Pesantren Baiatul Quran Kabupaten Lingga). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 602–623. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1124
Yuliani, J., Vol, E., Pendidikan, Y. D., & Singkawang, K. K. (2022). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. 2(2), 215–230.
S., Islam, A., Jl, P., Km, R. P., Terpadu, M. M., Management, T. Q., & Management, T. Q. (2015). Desain mutu pendidikan pesantren. Desain Mutu Pendidikan Pesantren, 23(2), 258–274. https://doi.org/10.19105/karsa.v2312.726