IMPLEMENTASI KIRI ISLAM HASAN HANAFI TERHADAP PENDIDIKAN PESANTREN DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.35897/studipesantren.v5i1.1637Kata Kunci:
Pendidikan, Pondok Pesantren, Kiri Islam (Hasan Hanafi)Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi gerakan Kiri Islam dalam pendidikan Pesantren yang ada di Indonesia, guna mengembangkan ilmu pengetahuan sains serta untuk mengembalikan khazanah Islam. Penelitian ini menggunakan kajian pustaka atau kajian literarur dengan analisis naratif yang didapatkan dari berbagai sumber buku ataupun jurnal penelitian yang sesuai dengan ranah penelitian. Pesantren sebagai contoh pendidikan Islam yang ada di Indonesia.. Pendidikan Pesantren mempunyai sejarah yang panjang, mempunyai kultur yang mengedepankan nilai keislaman, metode Pendidikan yang diterapkan, serta sebagai media dakwah. Pesantren di era modern ini tidak hanya terfokus pada pendidikan yang kultural saja, tapi merambah ke pendidikan sains, teknologi, serta ekonomi. Kemajuan Pesantren saat ini sesuai dengan visi kiri islam Hasan Hanafi yang mengedepankan pembaruan ilmu pengetahuan yang tidak hanya terfokus pada kajian ilmu tradisonal saja tetapi Pesantren juga mengkaji keilmuman yang eksis di Indonesia dan tetap menjalankan pendidikan formal yang disediakan oleh pemerintah ataupun pihak Persantren sendiri. Umat Islam saat ini mengalami kemunduran dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, umat Islam hanya menikmati produk teknologi yang dibuat oleh masyarakat barat. Hal tersebut tentu memberikan tantangan terhadap Pesantren di era modern ini dengan tetap mengedepankan kultur ketimuran. Perlunya adanya implementasi kiri islam pada pendidikan Pesantren dengan diadanya pendidikan berkaitan dengan IT ataupun sains yang menyelaraskan dengan al-qur’an mengembangkan kurikulum, sehingga dapat memperkaya khazanah keislaman.
Unduhan
Referensi
Fauzi, Ahmad. 2022. Metodologi Penelitian. Jawa Tengah: CV. Pena Persada.
Basyit, Abdul. 2017.Pembaharuan Model Pesantren: Respon Terhadap Modernitas. Kordinat: Jurnal Komunikasi antar Perguruan Tinggi Agama Islam 16 (2): 293–324. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i2.6444.
Hanafi, Hasan. 1994. Perlunya Oksidentalisme. Jakarta: Ulumul Qur’an.
Barbour, G., Ian. 1996. Issues in Science and Religion. New York: Harper Tourchbooks.
Ifadah, Luluk., Utomo, Sigit., Tri. 2019. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Al-Ghazali 2 (2): 52.
Bahijah, Ijah., Rahmatika, Nuniek., Ahmad, Aghniawati., Ishak. 2022. Kurikulum Pesantren Berbasis Sains Di Pondok Pesantren Sains Salman Assalam: Sebagai Model Moderasi Agama Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam. https://www.jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/viewFile/3549/1348. 2022.
Irawan, Irawan., Jenal Aripin., Priatna, T. 2023. Pengelolaan Sains dan Teknologi di Pesantren. Jurnal Dirosah Islamiyah 5 (2): 378–86. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i2.3293.
Arif, Mohammad. 2013. Perkembangan Pesantren Di Era Teknologi.” Jurnal Pendidikan Islam 28: 2. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/jpi.v28i2.550.
Ramadhani, Ali., Muhammad. 2022. Kemenag. 2022. https://kemenag.go.id/opini/pesantren-dulu-kini-dan-mendatang-ft7l9d.
Munir, Ahmad. 2000. Hassan Hanafi: Kiri Islam Dan Proyek Al Turats Wa Al Tajdid. MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan 16 (3): 251–59.
Hayati, Rohma., Nur. 2019. Peran Pesantren Menghadapi Konstelasi ERA 4.0, 6. Jurnal Riset dan Kajian Keislaman. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v8i2.149
Rahmat, Ali., Anwar, Rudi. 2023. Quo Vadis Pendidikan Pesantren di Era Digital. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman 11 (1): 99–118. https://doi.org/10.52185/kariman.v11i1.298.
Syabana, Galih., Reynanda. 2022. Istiqomah Banyuputih Batang Dalam Membentuk Kader Da ’ I Profesional. Skripsi UIN Walisongo Semarang. file:///D:/Skripsi_1801036052_Reynanda_Galih_Syabana.pdf
Syafe’i, Imam. 2017. Mastuhu, 1994.Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8 (I): 61–82.
Ulya, Husna Nimatul. 2017. Kiri Islam H{Assan Hanafi (Studi Epistemologis). Dialogia 15 (1): 49. https://doi.org/10.21154/dialogia.v15i1.1184.
Usman, Muhammad., Idris. 2013. Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. Al Hikmah 14 (1): 101–19.
Yusuf, Mohamad., Yasin. 2015. Pesantren Sains: Epistemology of Islamic Science in Teaching System. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 23 (2): 283. https://doi.org/10.21580/ws.23.2.280.