MAKNA KATA TAQWA DALAM AL-QURAN : SURAT AL BAQARAH
MAKNA KATA TAQWA DALAM AL-QURAN : SURAT AL BAQARAH
DOI:
https://doi.org/10.35897/studipesantren.v2i2.791Kata Kunci:
Al-Qur'an, QS. Al-Baqarah, Makna TaqwaAbstrak
Dalam konteks agama islam, memiliki taqwa atau sifat-sifat kebenaran adalah keharusan karena taqwa mencerminkan tingkat keimanan seorang muslim. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi ciri-ciri taqwa dalam surah Al-Baqarah. Data penelitian ini diperoleh dari ayat-ayat dalam surah Al-Baqarah yang mengisyartakan kata taqwa di dalamnya, menafsirkan ayat-ayat yang mengandung sifat-sifat Taqwa dengan menggunakan tafsir yang mapan di bidang Al-Qur'an sebagai pedoman dalam menandai sifat-sifat taqwa dalam pengambilan contoh ayat-ayat tersebut. Dua ahli di bidang tafsir Al-Qur'an memvalidasi sifat-sifat Taqwa yang disarikan dari setiap ayat yang dipilih. Hasil penelitian mengungkapkan beberapa kategori sifat Taqwa yaitu tauhid, berbuat baik kepada orang lain, shalat, membayar zakat, menghormati hak, taubat, melakukan perbuatan baik, komunikasi yang benar, bersyukur, ikhlas. Di antara sifat-sifat kategori Taqwa, penekanan utama adalah pada tauhid atau percaya keesaan Allah. Temuan ini membantu dalam meningkatkan pemahaman dari sifat-sifat Taqwa, yang sangat berguna bagi muslim non-akademik dalam memperkuat iman islam mereka sesuai dengan apa yang diperintahkan dalam Al-Qur'an.
Unduhan
Referensi
Ali, AY (1997). Arti Al-Qur'an. Maryland: Publikasi Amana.
Al-Atrash (2002). Inti dari Al-Taqwa. Alexandria: Dar-Aliman.
Al-Ghazali, M. (2004). Khuluk Al Muslim. Damaskus: Dar Alkalam.
‘Amar’ Abdullah al-Muqbil (2010). Kaidah: Fasalu ahl al-Dzikir Dalam Kuntum la Ta'lamun. Diakses pada 4 September 2013 dari situs http://almoslim.net/node/126966.
Braun, V. & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative research in psychology. 3, 77-101.
Ibnu Kather, AQ. IKLAN. AI (2000). Tafsir (komentar) Ibn Kather. Riyadh: Penerbit & Distribusi Darussalam.
Ismail Kathir al-Dimasyqiy (2000). Tafsir al-Qur'an al-'Azim. Kairo:t Qurtabat. Muhammad al-Tahir ‘Asyur (2000). al-Tahrir wa al-Tanwir, Vol. 26. Beirut: Muassasat al-Tarikh al-'Arabiy. Muhammad al-Syanqitiy (1995). Adwa 'al-Bayan Fi Idat al-Qur'an bi al-Qur'an, Vol. 6. Beirut: Dar al-Fikr. Muhammad Syamsuddin al-Qurtubiy (2003). al-Jami 'li al-Ahkam al-Qur'an. Riyadh: Dar al-'Alam al-Kutub.
Muhammad Taqi-ud-Din al-Hilali & Muhammad Muhsin Khan. (1984). The Noble Quran: Terjemahan Bahasa Inggris dari Makna dan Komentar. Kompleks Raja Fahd.
Sabitha Marican (2006). Penelitian Ilmu Sosial - Pendekatan Pragmatis. Selangor: Edusystem Sdn. Bhd.
Sidek, HM (2010). Analisis Kurikulum EFL di Malaysia: Pendekatan Membaca dan Persiapan untuk Pendidikan Tinggi. Tesis PhD. Universitas Pittsburgh.
Stemler, S. (2001). Sekilas tentang analisis isi. Penilaian Praktis, Penelitian dan Evaluasi, 7 (17).
Tafsir al-Jalalayn (2013). trans. Feras Hamzah. Institut Pemikiran Islam Royal Aal al-Bayt, Amman, Yordania http://www.aalalbayt.org, http://www.altafsir.com