Tren Penelitian Kepesantrenan (Studi Bibliometrik terhadap Skripsi Bertema Pesantren di Fakultas Tarbiyah IAI Al-Qolam Malang Tahun 2015-2022)
(Studi Bibliometrik terhadap Skripsi Bertema Pesantren di Fakultas Tarbiyah IAI Al-Qolam Malang Tahun 2015-2022)
DOI:
https://doi.org/10.35897/studipesantren.v3i2.917Kata Kunci:
Tren Penelitian, Kajian Kepesantrenan, BibliometrikAbstrak
Di tengah maraknya penelitian tentang pesantren, hampir tidak ada yang mengkaji penelitian-penelitian tersebut dengan pendekatan bibliometrik. Hal ini berbeda dengan kajian bibliometrik terhadap penelitian di bidang ilmu lain. Untuk mengisi kekosongan tersebut, penelitian ini hadir dengan tujuan spesifik untuk mengetahui tren penelitian bertema pesantrean di dalam skripsi yang dihasilkan oleh mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAI Al-Qolam Malang selama tujuh tahun, yaitu sejak 2015 hingga 2022. Metode penelitian bibliometrik digunakan untuk melacak produktivitas, peta topik, peta supervisi dan tipe penelitian dalam skripsi-skripsi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 197 skripsi bertema pesantren yang diproduksi oleh mahasiswa Fakultas Tarbiyah selama periode tahun 2015-2022. Dari jumlah tersebut, terdapat lima tema skripsi kepesantrenan, yaitu ‘kiai’ (17 buah), ‘masjid’ (16 buah), ‘santri’ (55 buah), ‘pondok’ (61 buah), ‘pengajaran ilmu agama’ (48 buah). Semua tema ini tersebar ke 40 orang dosen pembimbing. Jenis penelitian kualitatif paling sering dipakai oleh mahasiswa untuk meneliti pesantren (175 buah), disusul jenis penelitian kuantitatif (16 buah), kemudian PTK (3 buah), selanjutnya metode gabungan dan R&D (masing-masing sebuah).
Kata Kunci: Tren penelitian, kajian kepesantrenan, bibliometrik
Unduhan
Referensi
Aboulaye, K. (2014, Juli). Research Trends in the Humanities: An Analysis of Master's Theses at the International Islamic University Malaysia. Malaysian Journal of Library & Information Science, 9(1), 59-68.
Adib, M. (2013). Rancang Bangun Filsafat Ilmu Keislaman PTAI Riset Berbasis Pesantren. Makalah tidak dipublikasikan. Malang: STAI Al-Qolam Malang.
Adib, M. (2020). PTKI Pengabdian Transformatif Berbasis Pesantren; Paradigma Keilmuan IAI Al-Qolam Malang. Malang: Maknawi dan LP3M IAI Al-Qolam.
Ali, F., & Effendi, B. (1990). Merambah Jalan Baru Islam: Rekonstruksi Pemikiran Islam di Indonesia. Bandung: Mizan.
Assidiqi, M. L. (2020). Tren Kajian Al-Qur’an di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Analisis terhadap Skripsi Mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir tahun 2017-2019. Jakarta: Program Studi Al-Qur'an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Asy'arie, M. (2013). Perkembangan Filsafat Islam di Indonesia: Studi atas Literatur Filsafat Islam Berbahasa Indonesia tahun 1998-2013. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Baba, M. A. (2012). Dasar-Dasar dan Ruang Lingkup Pendidikan Islam di Indonesia. Iqra', VI(1).
Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. (2010, Mei 27). Surat Keputusan BAN-PT No. 004/BAN-PT/Ak-XIII/S1/V/2010 tentang Akreditasi Program Studi Sarjana Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qolam Gondanglegi, Malang. Jakarta: Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Republik Indonesia.
Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. (2019, April 9). Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan TInggi Nomor 879/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2019 tentang Status Akreditasi dan Peringkat Terakreditasi Program Studi Tadris Bahasa Indonesia pada Program Sarjana Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam, Kabupaten Malang. Jakarta: Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Republik Indonesia.
Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. (2019, Mei 14). Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 1555/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2019 tentang Status Akreditasi dan Peringkat Terakreditasi Program Studi Tadris Bahasa Inggris pada Program Sarjana Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam, Malang. Jakarta: Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Republik Indonesia.
Baso, A. (2012a). Pesantren Studies 2a: Kosmopolitanisme Peradaban Kaum Santri di Masa Kolonial. Jakarta: Pustaka Afid.
Baso, A. (2012b). Pesantren Studies 2b: Kosmopolitanisme Peradaban Kaum Santri di Masa Kolonial. Jakarta: Pustaka Afid.
Baso, A. (2015). Pesantren Studies 4a: Khittah Republik Kaum Santri dan Masa Depan Ilmu Politik Nusantara (2nd ed.). Jakarta: Pustaka Afid.
Busro, A. M., & Sarifudin, A. (2021). Pendidikan Islam dalam Publikasi Internasional: Analisis Bibliometrik pada Database Scopus. Edukasi Islam, 10(1), 413-426.
Donthu, N., Satish, K., Debmalya, M., Nitesh, P., & Lim, W. M. (2021, Mei). How to conduct a bibliometric analysis: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 133, 285-296.
Ikpaahindi, L. (1985). An Overview of Bibliometrics: its Measurements, Laws and Their Applications. Libri, 35(2), 163-177.
Ilyas, S. M. (2021). Peta Kecenderungan Kajian Tafsir pada Skripsi Mahasiswa Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir IAIN Palopo Tahun 2014-2020. Makassar: Fakultas Ushuluddin Institut Agama Islam Negeri Alauddin.
Institut Agama Islam Al-Qolam Malang. (2014). Al-Qolam Menyambut IAI. Dipetik Januari 10, 2022, dari IAI Al-Qolam Malang: https://www.alqolam.ac.id/al-qolam-menyambut-iai/
Institut Agama Islam Al-Qolam Malang. (t.thn.). Nama, Tempat dan Sejarah. Dipetik Januari 10, 2023, dari https://www.alqolam.ac.id/tentang-kami/nama-tempat-dan-sejarah/
Isbah, M. F. (2020). Pesantren in the Changing Indonesian Context: History and Current Developments. QIJIS: Qudus International Journal of Islamic Studies, 8(1), 65-106.
Kaltsum, L. U., Nugraha, E., & Azizy, J. (2011). Peta Kajian Al-Qur’an di PTAI 2005-2010: Analisis terhadap Perkembangan Disertasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Yogyakarta dan UIN Surabaya. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah.
Kaltsum, L. U., Nugraha, E., & Azizy, J. (2021). Map of Study of the Quran in the Postgraduate Program of UIN Jakarta and UIN Yogyakarta Period of 2015-2012. Ilmu Ushuluddin, 8(1), 23-42.
Kementerian Agama RI. (2019, Desember 23). Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No. 1174 Tahun 2019 tentang Izin Penyelenggaran Program Studi Program Sarjana Tadrsi Matematika pada Institut Agama Islam Al-Qolam Gondanglegi Malang. Jakarta: Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
Khojir, & H., D. W. (2017). Tren Penelitian Pendidikan Islam pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan di IAIN Samarinda. Fenomena, 9(1), 123-139.
Khumaidi, M. W. (2020). Pola dan Keragaman Pendidikan Islam (Kajian tentang Pesantren dan Ruang Lingkupnya). An-Naba': Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam, III(1), 58-71.
LP3M IAI Al-Qolam Malang. (2015). Pedoman Umum Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2015-2020. Malang: LP3M IAI Al-Qolam Malang.
Mustofa, M. Y., Mas'ud, A., & Elisabeth, M. Z. (2022). The Future Direction of Pesantren Research: A Bibliometric Analysis. Khizanah al-Hikmah, 10(1), 46-60.
Nata, A. (2001). Peta Keragaman Pemikiran Islam di Indonesia. Jakarta: Rajawali Press.
Nur, S., & Ruswantoro, A. (2007). Peta Kecenderungan Kajian Agama-agama dan Filsafat Islam pada Program Pascasarjana. Yogyakarta: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.
Rahman, M. Z. (2005, July). Postgraduate Research in Islamic Thought and Civilization at the International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC) Malaysia. Malaysian Journal of Library & Information Science, 10(1), 49-64.
Riyadi, A. (2014, Juni). Pemetaan Kajian Pendidikan Islam pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Samarinda: Suatu Analisis Bibliometrik. Fenomena, 6(1), 1-17.
Saparudin. (2013, Januari). Peta Kajian Pendidikan Islam pada Berkala Ilmiah di IAIN Mataram. Jurnal Penelitian Keislaman, 9(1), 93-112.
Saputro, M. E. (2021). Pesantren as Method: Sebuah Pengantar. Dalam M. E. Saputro, & M. Z. Anwar, Metodologi Penelitian Keagamaan-Interdisipliner Kajian Sosial Masyarakat dan Pesantren (hal. v-xiii). Yogyakarta: UIN Raden Mas Said Press & Sulur Pustaka.
Saputro, M. E., & Anwar, M. Z. (2021). Metodologi Penelitian Keagamaan-Interdisipliner Kajian Sosial Masyarakat dan Pesantren. Yogyakarta: UIN Raden Mas Said Press & Sulur Pustaka.