DEVELOPING WRITING TEXTBOOK FOR THIRD SEMESTER STUDENTS OF IAI AL-QOLAM GONDANGLEGI MALANG
DOI:
https://doi.org/10.35897/intaj.v1i2.95Keywords:
Pengembangan, buku ajar writingAbstract
Observasi peneliti pada sebuah kampus yang terletak di wilayah Malang selatan yaitu IAI Al-Qolam Malang menemukan bahwa pada Program Studi Tadris Bahasa Inggris belum memiliki buku ajar yang sesuai untuk mata kuliah writing dikarenakan jurusan ini masih baru berdiri tepatnya pada tahun 2015. Kebutuhan akan ketersediaan buku ajar untuk mata kuliah writing yang sesuai pada Program Studi Tadris Bahasa Inggris mendorong peneliti untuk mengembangkan bahan ajar untuk pengajaran writing.
Langkah analisis buku yang tersedia pada took-toko buku terdekat sudah dilaksanakan dengan cara mengunjungi tooko-toko buku yang ada di Malang. Pada langkah ini, peneliti menemukan beberapa buku writing yang tersedia pada toko-toko buku terdekat dari kampus IAI Al-Qolam kurang sesuai dengan kurikulum Tadris Bahasa Inggris IAI Al-Qolam. Seiring dengan kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar untuk mata kuliah writing 1 Tadris Bahasa Inggris IAI Al-Qolam yang akan dipergunakan oleh mahasiswa semester 3.
Kurikulum Tadris Bahasa Inggris IAI AL-Qolam merupakan pedoman materi yang dipergunakan dalam penulisan buku ajar ini. Terdapat 12 bab yang bisa dipergunakan untuk mendampingi mahasiswa dalam perkuliahan writing selama satu semester. Buku ajar untuk mata kuliah writing ini di tulis dengan melalui beberapa tahapan. Tahapan-tahapan itu adalah “validasi dari para ahli, uji coba lapangan dan perbaikan-perbaikan berdasarkan dari saran-saran ahli serta hasil pengamatan lapa-ngan agar buku ajar lebih siap digunakan. Produk dari penelitian pengembangan ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang positif terhadap para dosen dan mahasiswa agar dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik.
Kata kunci: Pengembangan, buku ajar writing, IAI Al-Qolam Malang