PENGUATAN SPIRITUALITAS DAN KEMANUSIAAN DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PROFETIK DI PERGURUAN TINGGI ISLAM

Studi Kasus di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Authors

  • hawwin muzakki UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Muh Ibnu Sholeh STAI KH Muhammad Ali Shodiq Tulungagung

Keywords:

Spiritual, Kemanusiaan, Pendidikan Profetik, Perguruan Tinggi

Abstract

Pendidikan profetik adalah proses transfer pengetahuan (knowledge) dan nilai (values) yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan dan alam sekaligus memahaminya untuk membangun komunitas sosial yang ideal (khaira ummah). Humanisasi dalam pendidikan profetik di Perguruan Tinggi merupakan upaya untuk memperkuat nilai-nilai kemanusiaan dalam proses pembelajaran. Transendensi dalam pendidikan profetik di Perguruan Tinggi merupakan upaya untuk mengintegrasikan ilmu pengetahuan dengan nilai-nilai agama. Salah satu institusi pendidikan yang memiliki fokus pada pendidikan profetik adalah UIN SATU Tulungagung. Atas latar belakang tersebut di atas, peneliti akan mengkaji dan menganalisa pelaksanaan implementasi pendidikan profetik di Perguruan Tinggi Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana perguruan tinggi mengimplementasikan pendidikan profetik ke dalam tri dharma perguruan tinggi? Menggunakan metode kualitatif menghasilkan kesimpulan: (1) Implementasi penguatan spiritualitas dalam pendidikan profetik di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yaitu Pembelajaran Madrasah Diniyah di kampus, Penerapan Kurikulum MBKM dan Integrasi Keilmuan di Pembelajaran dalam Kelas, Menyelenggarakan Kegiatan Ilmiah, dan Menyediakan Fasilitas yang Memadai untuk menunjang aktivitas Keagamaan. (2) Implementasi penguatan kemanusiaan dalam pendidikan profetik di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yaitu Program KKN Membangun Desa: Menyadarkan Hidup Bermasyarakat, Mengembangkan Bakat dan Minat Mahasiswa; Melatih Jiwa Kemanusiaan, dan Membangun Budaya Akademik yang Inklusif: Menjadi Manusia yang Merdeka

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Rahmat dan Sriharini. Manajemen Profetik. Gorontalo: Ides Publishing, 2018.

Arif, Mahmud, dan Khoirul Anam. “Program Madrasah Diniyah Berbasis Kampus Uin Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 5, no. 1 (2023): 3907–16.

Arifuddin, Arifuddin. “Konsep Pendidikan Profetik (Melacak Visi Kenabian Dalam Pendidikan).” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 9, no. 2 (2019): 319–38.

Chotimah, Chusnul. “Improving The Institution of IAIN Tulungagung Through Creating New Innovation.” Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman 14, no. 1 (2019): 107–30.

“Dua Mahasiswa UIN SATU Tulungagung Raih Prestasi Di Konferensi Internasional AICOIES 2022 UIN Salatiga.” Diakses 13 April 2023. https://uinsatu.ac.id/berita/1741-dua-mahasiswa-uin-satu-tulungagung-raih-prestasi-di-konferensi-internasional-aicoies-2022-uin-salatiga.

Hidayatullah, Taufik. “Living Values Education: Alternatif Pendekatan Pendidikan Karakter dalam Pencegahan Ekstremisme.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah 4, no. 2 (2019): 87–126.

Ikmal, Moh. “Integrasi Pendidikan Profetik (Mengurai Tradisi dan Implemintasi dalam Sistem Pendidikan Indonesia).” Dalam Jurnal Pelopor Pendidikan 4 (2013).

Kuntowijoyo. Islam sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi, dan Etika. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2007.

Kuntowijoyo, dan A. E. Priyono. Paradigma Islam: Interpretasi untuk Aksi. Yogyakarta: PT Mizan Publika, 2008.

Masrifatin, Yuni. “Konsep pendidikan profetik sebagai pilar humanisasi.” JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi 18, no. 2 (2019): 165–74.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2019.

Muhammad, Afif. Humanisme antara Islam dan Mazhab Barat. Bandung: Pustaka Hidayah, 1996.

Mustofa, Mustofa, Mahmud Arif, dan Indah Khomsiyah. “Urgensi Micro Teaching dalam Upaya Membentuk Calon Guru di UIN Sayyid Ali Rahmatullah.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 5, no. 1 (2023): 1922–27.

Muzakki, Hawwin. “BUS (Bussines Unit Strategies) Di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Untuk Meningkatkan Daya Saing Lembaga.” Southeast Asian Journal of Islamic Education Management 3, no. 2 (26 Desember 2022): 293–312. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i2.110.

Nur Fadhilah, M. H. “Mahasiswapun Mencuci dan Memasak Ketika KKN,” 2017.

Rahmadania, Sinta, Ajun Junaedi Sitika, dan Astuti Darmayanti. “Peran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 5, no. 2 (2021): 221–26.

Ramadhanty, Citra, dan Nurus Sa’adah. “Kesehatan Mental Mahasiswa Tingkat Akhir UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Akibat Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi.” ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1, no. 11 (2022): 4129–33.

Sahreebanu, Dhea Syahzana, Ahmad Nurcholis, Syaikhu Ihsan Hidayatullah, dan Muhammad Nur Rois. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.” Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 5, no. 2 (2022): 195–218.

Sulistyorini, Sulistyorini. Perjuangan Memberdayakan Masyarakat. Tulungaggung: IAIN Tulungagung Press, 2017.

Tafsir, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islam Integrasi Jasmani, Rohani dan Memanusiakan Manusia. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2008.

Turmudi, Moh, Zaenal Arifin, dan Mujamil Qomar. “Kajian Multidipliner, Interdisipliner Dan Transdisipliner Di Perguruan Tinggi Islam.” Dalam International Seminar On Islamic Education & Peace, 1:274–81, 2021.

Umami, Rizka Hidayatul, Khabibur Rohman, dan Sulistyorini Sulistyorini. “Melawan Lewat Tulisan: Upaya Forum Perempuan Filsafat Dalam Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Seksual Di Lingkungan Kampus.” Prosiding Konferensi Gender Dan Gerakan Sosial 1, no. 01 (5 Desember 2022): 210–20.

Yin, Robert K. Studi kasus: Desain & metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Zahrotun, Nurur Ramadani. “Nilai-Nilai Pendidikan Profetik Dalam Tradisi" Udeng"(Ikat Kepala Khm Ridlwan Sururi) Pengasuh Pondok Pesantren An-Nur Kedungbanteng Banyumas.” PhD Thesis, Saifuddin Zuhri, 2022.

Downloads

Published

20-09-2023

How to Cite

hawwin muzakki, & Muh Ibnu Sholeh. (2023). PENGUATAN SPIRITUALITAS DAN KEMANUSIAAN DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PROFETIK DI PERGURUAN TINGGI ISLAM: Studi Kasus di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 5(2), 146–158. Retrieved from https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/1084