PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PJBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Authors

  • Muh Ibnu Sholeh a:1:{s:5:"en_US";s:26:"STAI KH MUHAMMAD ALI SODIQ";}
  • Nur ‘Azah UNHASY Tebuireng Jombang
  • Dinar Ayu Tasya' UNHASY Tebuireng Jombang
  • Sokip UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Asrop Syafi’i UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Sahri UNUGIRI Bojonegoro
  • Hasyim Rosyidi INSUD Lamongan
  • Zainur Arifin IAIBAFA Jombang
  • Siti Fatinnah binti Ab Rahman University College MAIWP International Malaysia

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Berpikir Kritis, Pendidikan Islam, Kualitas Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di MA Al-Chodidjah Jombang. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menilai bagaimana PjBL dapat mempengaruhi keterampilan berpikir kritis siswa dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung keberhasilan implementasi PjBL di lingkungan pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Subyek penelitian terdiri dari siswa kelas X dan XI serta guru di MA Al-Chodidjah Jombang. Teknik pengambilan data meliputi observasi langsung selama proses pembelajaran, wawancara mendalam dengan siswa dan guru, serta analisis dokumen seperti rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan hasil proyek siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan metode analisis tematik untuk mengidentifikasi pola dan tema yang muncul dari data yang dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran, dan memperkuat keterampilan kolaboratif. Siswa menunjukkan peningkatan dalam kemampuan analisis, evaluasi, dan sintesis informasi melalui proyek-proyek yang diberikan. Guru berperan penting sebagai fasilitator dalam mendorong siswa untuk berpikir kritis dan mandiri. Temuan ini mendukung hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa PjBL efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif siswa. Kesimpulannya, PjBL merupakan metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis di MA Al-Chodidjah Jombang, dengan dukungan perencanaan yang baik dan bimbingan guru yang efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Husaini, Muhammad, Nasrudin Harahap, and Nurul Hidayati Murtafiah. "Project-Based Learning Of The Quran In Islamic Education Management: An Innovative Approach In Integrated Islamic Schools." Cakrawala Pedagogik 7.1 (2023).

Anggreni, Yosi Dwi, Festiyed Festiyed, and Asrizal Asrizal. "Meta-analisis pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA." Pillar Of Physics Education 12.4 (2019).

Bell, Stephanie. "Project-based learning for the 21st century: Skills for the future." The clearing house 83.2 (2010): 39-43.

Blumenfeld, Phyllis C., et al. "Motivating project-based learning: Sustaining the doing, supporting the learning." Educational psychologist 26.3-4 (1991): 369-398.

Bradley-Levine, Jill, and Gina Mosier. "Literature review on project-based learning." University of Indianapolis Center of Excellence in Leadership of Learning (2014).

Braun, Virginia, and Victoria Clarke. "Using thematic analysis in psychology." Qualitative research in psychology 3.2 (2006): 77-101.

Cohen, Louis, Lawrence Manion, and Keith Morrison. Research methods in education. routledge, 2002.

Creswell, John W., and J. David Creswell. Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications, 2017.

Daniel, Farida. "kemampuan berpikir kritis siswa pada implementasi Project Based Learning (PJBL) berpendekatan saintifik." JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) 1.1 (2017): 7-13.

Darmuki, Agus, Ahmad Hariyadi, and Nur Alfin Hidayati. "Pembelajaran PBL Kolaborasi PjBL untuk Meningkatkan Keterampilan 4C pada Mata Kuliah Pragmatik." Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran 16.1 (2022): 21-27.

Diana, Hafsah Adha, and Veni Saputri. "Model project based learning terintegrasi STEAM terhadap kecerdasan emosional dan kemampuan berpikir kritis siswa berbasis soal numerasi." Numeracy 8.2 (2021): 113-127.

Diarini, I. Gusti Ayu Agung Sinta, Maria Fransisca Br Ginting, and I. Wayan Suryanto. "Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Melalui Pembelajaran Daring Untuk Mengetahui Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar." Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora 3.2 (2020): 253-265.

Elder, Linda, and Richard Paul. Critical thinking: Tools for taking charge of your learning and your life. Foundation for Critical Thinking, 2020.

Ennis, Robert H. "The nature of critical thinking: An outline of critical thinking dispositions and abilities." University of Illinois 2.4 (2011): 1-8.

Facione, Peter A. "Critical thinking: What it is and why it counts." Insight assessment 1.1 (2011): 1-23.

Farida, Ida, et al. "Project-based learning design for internalization of environmental literacy with islamic values." Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 6.2 (2017): 277-284.

Febriyanti, Tiur. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Kelas X SMA. Diss. IAIN Metro, 2023.

Fitriani, Rita, Endang Surahman, and Intan Azzahrah. "Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa." Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi 11.1 (2019): 6-11.

Halpern, Diane F. Thought and knowledge: An introduction to critical thinking. Psychology press, 2013.

Hartini, Ayu. "Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar." ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 1.2a (2017).

Hartnell-Young, Elizabeth, and Maureen Morriss. Digital portfolios: Powerful tools for promoting professional growth and reflection. Corwin Press, 2006.

Helle, Laura, Päivi Tynjälä, and Erkki Olkinuora. "Project-based learning in post-secondary education–theory, practice and rubber sling shots." Higher education 51 (2006): 287-314.

Juraidah, Juraidah, and Agung Hartoyo. "Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirnan Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila." Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar 8.2 (2022): 105-118.

Kamaruddin, Ilham, et al. "Pengaruh project based learning (PjBL) dengan strategi flipped classroom terhadap pemahaman dan berpikir kritis siswa." Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya 5.3 (2022): 265-276.

Kamil, Badrul, Yessy Velina, and Marlina Kamelia. "Students’ Critical Thinking Skills in Islamic Schools: The Effect of Problem-Based Learning (PBL) Model." Tadris J. Kegur. dan Ilmu Tarb 4.1 (2019): 77-85.

Khuwayrah, Safa. Elementary Students’ Perceptions of Use of Project-based Learning in Germany. Diss. The British University in Dubai (BUiD), 2018.

Kokotsaki, Dimitra, Victoria Menzies, and Andy Wiggins. "Project-based learning: A review of the literature." Improving schools 19.3 (2016): 267-277.

Krajcik, Joseph S., and Phyllis C. Blumenfeld. Project-based learning. na, 2006.

Lestari, Siti, and Reni Permata Sari. "Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP." Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) 7.1 (2024): 2004-2011.

Lincoln, Yvonna S., and Egon G. Guba. "Criteria for Assessing Naturalistic Inquiries as Reports." (1988).

Masruri, Eko Makhmud Hidayat, and M. Misbah M. Misbah. "Studi Literatur: Efektivitas Penerapan Project Based Learning (PJBL) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Tingkat Sekolah Menengah Atas." Jurnal Kependidikan 11.2 (2023): 301-317.

Mergendoller, John R., and John W. Thomas. "Managing project based learning: Principles from the field." Retrieved June 14 (2005): 2005.

Merriam, Sharan B. Qualitative Research and Case Study Applications in Education. Revised and Expanded from" Case Study Research in Education.". Jossey-Bass Publishers, 350 Sansome St, San Francisco, CA 94104, 1998.

Nababan, Damayanti, Alisia Klara Marpaung, and Angeli Koresy. "Strategi Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)." Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 2.2 (2023): 706-719.

Patton, Michael Quinn. Qualitative research & evaluation methods: Integrating theory and practice. Sage publications, 2014.

Paul, Richard, and Linda Elder. The miniature guide to critical thinking concepts and tools. Rowman & Littlefield, 2019.

Permata, Mika Dwi, Irwan Koto, and Indra Sakti. "Pengaruh model Project Based Learning terhadap minat belajar fisika dan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 1 Kota Bengkulu." Jurnal Kumparan Fisika 1.1 April (2018): 30-39.

Pratama, Dhaifullah Mochtar Adi, and Zaenal Abidin. "Implementation of Project-Based Learning Model in Islamic Religious Education for Grade X at Muhammadiyah Senior High School 1 Surakarta." JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam) 8.1 (2024): 177-184.

Pratiwi, Eka Titik, and Eunice Widyanti Setyaningtyas. "Kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran project based learning." Jurnal basicedu 4.2 (2020): 379-388.

Pusparini, Septiwi Tri, Tonih Feronika, and Evi Sapinatul Bahriah. "Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem koloid." Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK) 8.1 (2018): 35-42.

Rachmawati, Ida, et al. "Penerapan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif ilmiah dan berpikir kritis ilmiah siswa SMA pada materi kesetimbangan benda tegar." WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika) 3.2 (2018): 25-30.

Ramadhan, Emira Hayatina, and Hindun Hindun. "Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif." Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya 2.2 (2023): 43-54.

Rosyidi, Muh Hasyim, et al. "Pengantar Manajemen Pendidikan Islam." Insight Mediatama (2024).

Sawyer, R. Keith, ed. The Cambridge handbook of the learning sciences. Cambridge University Press, 2005.

Seftiani, Selvi, et al. "Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sma." Bioilmi: Jurnal Pendidikan 7.2 (2021): 110-119.

Sholeh, Muh Ibnu, et al. "Transformation of islamic education: A study of changes in the transformation of the education curriculum." Jurnal pendidikan agama islam 20.1 (2023): 33-50.

Sholeh, Muh Ibnu, Siti Fatinnah binti Ab Rahman, and Asrop Syafi’i. "Optimizing The Use Of Learning Equipment To Improve Education At Man 2 Tulungagung." EDUSIANA Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 11.1 (2024): 1-21.

Sholeh, Muh Ibnu. "Strategi pengembangan sumber daya manusia di lembaga pendidikan islam indonesia." Indonesia Islamic Education Journal 2.1 (2023): 1-19.

Sularmi, Sularmi, Dwiyono Hari Utomo, and I. Nyoman Ruja. Pengaruh project-based learning terhadap kemampuan berpikir kritis. Diss. State University of Malang, 2018.

Sultoni, Achmad. "The Implementation of Project Based Learning Paper in the Course of Islam Religious Education Learning to Increase 21st Century Skills of University Students." International Seminar on Language, Education, and Culture (ISoLEC 2021). Atlantis Press, 2021.

Susanta, Agus, and Edi Susanto. "Efektivitas project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis mahasiswa." Jurnal Theorems 5.1 (2020): 61-68.

Tambak, Syahraini, et al. "Teacher identity, islamic behavior, and project-based learning methods for madrasah teachers: A phenomenological approach." International Journal of Islamic Educational Psychology 4.1 (2023): 102-121.

Ulum, Moh Miftakhul, et al. "Pembelajaran Matematika Integratif Bernuansa Islam Melalui Project-Based Learning Pada Materi Geometri Dengan Konteks Fikih." Edusia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Asia 1.1 (2021): 50-61.

Umar, Muhammad Agus. "Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) dalam Materi Ekologi." Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 4.2 (2018).

Undari, Mayrisa. "Pengaruh penerapan model PJBL (Project-Based Learning) terhadap keterampilan abad 21." Jurnal Tunas Bangsa 10.1 (2023): 25-33.

Yin, Robert K. "Case study research and applications." (2018).

Yuniarti, Yuni. "Project based learning sebagai model pembelajaran teks anekdot pada siswa SMA." Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia 9.2 (2021): 143-151.

Zulkifli, Zulkifli, et al. "Enhancing Student Achievement in Senior High School through Curriculum Management in Indonesia." Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 9.02 (2023): 267-278.

Downloads

Published

20-09-2024

How to Cite

Muh Ibnu Sholeh, Nur ‘Azah, Dinar Ayu Tasya’, Sokip, Asrop Syafi’i, Sahri, Hasyim Rosyidi, Zainur Arifin, & Siti Fatinnah binti Ab Rahman. (2024). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PJBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 6(2), 158–176. Retrieved from https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/1484