IMPLEMENTASI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR (KOMIK) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA BAHASA ARAB SANTRI PONDOK PESANTREN MAHASISWA SIROJUT THOLIBIN TULUNGAGUNG
DOI:
https://doi.org/10.35897/studipesantren.v5i1.1598Keywords:
Comics, Reading Interest, Arabic Language, Innovative Learning, Reading SkillsAbstract
This study aims to implement illustrated storybooks (comics) as a learning medium to enhance reading interest and Arabic language skills (maharah qiraah) among students at Pondok Pesantren Sirojut Tholibin Tulungagung. This research uses a qualitative approach. Data was obtained through interviews, observation and documentation. The findings revealed that Arabic-language comics significantly improved the students' reading skills, created an enjoyable learning environment, and fostered interest in Arabic literature. Comics as a learning medium proved to be relevant to the students' interests and made the learning process more effective, interactive, and meaningful. These findings underscore the importance of innovation in teaching methods to address challenges in Arabic language learning among students.
Downloads
References
Aeni, Wiwik Akhirul dan Ade Yusupa. 2018. Model Media Pembeloajaran E-Komik untuk SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 6 No. 1
Aghni, Rizqi Ilyasa. 2018. Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal pendidikan akuntansi Indonesia. Vol. 16 No. 1
Anshori, Sodiq. 2018. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya. Vol. 2 No. 1
Asela, Saas, et al. 2020. Peran Media Interaktif dalam Pembelajaran PAI bagi Gaya Belajar Siswa Visual. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol. 1 No. 7
Atapukang, Nurmasa. 2016. Kreatif Membelajarkan Pembelajar dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Tepat sebagai Solusi dalam Berkomunikasi. Jurnal Media Komunikasi Geografi. Vol. 17 No. 2
Departemen Pendidikan Nasional dan Kebudayaan. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Devi, Paramita Candra, dkk. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Audio Visual (Video) di Kelas XI SMA Negeri 1 Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Vol. 1 No. 2
Dewi, Anak Agung Istri Kristiana. 2020. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual. Mimbar Ilmu. Vol. 25 No. 3
Djoendi, Siennita dkk. 2017. Perancangan Buku Cerita Bergambar Bertema Bhinneka Tunggal Ika untuk Anak-Anak. Jurnal DKV Adiwarna. Vol. 1 No. 10
Ekayani, Putu. 2017. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Vol. 2 No. 1
Faisal, Sanapiah. 1985. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
Fajar, Dio Achmad. 2020. Penggunaan Media Visual dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Indonesian Journal of Instructional Media and Model. Vol. 2 No. 1
Fitria, Ayu. 2014. Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 5 No. 2
Gani, Alcianno G. 2018. Pengenalan teknologi internet serta dampaknya. JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma. Vol. 2 No. 2
Gustiya, Anita. 2019. Pengembangan Buku Alfabet Sebagai Media Pengenalan Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun Di Tk Islamiyah Tanjung Raja. Diss. UIN Raden Intan Lampung
Handojo, Christy Violita, dkk. 2016. Perancangan Coffee Table Book Mainan Tempo Dulu Era 70-An. Jurnal DKV Adiwarna. Vol. 1 No. 8
Hidayah, Nurul dan Rifky Khumairo Ulva. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol. 4 No. 1
Hidayah, Nurul dan Rifky Khumairo Ulva. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar. Vol. 4 No. 1
Hidayah, Nurul dan Rifky Khumairo Ulva. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar. Vol. 4 No. 1
Mahmudah, Anis dan Adeng Pustikaningsih. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire pada Materi Jurnal Penyesuaian untuk Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. 17 No. 1
Ma'ruf, Muhammad Dian, dkk. 2024. Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP). Vol. 7 No. 3
Masluchi, Muchamad Irsyadul dan Hendro Aryanto. 2020. Perancangan Komik Bisu Kota Surabaya. Barik-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual. Vol. 1 No. 2
Monica, Syifa. 2022. Pengembangan Buku Bergambar Tanpa Kata untuk Pembelajaran Bercerita Kelas II Sekolah Dasar. Diss. Universitas Negeri Jakarta
Morsi, Syaima Antar. 2022. Analisis Visual Karakter Dewi Sekhmet Dalam Komik Marvel. Diss. Universitas Komputer Indonesia
Muhson, Ali. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. 8 No. 2
Mumtahanah, Nurotun. 2014. Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran PAI.
Nainggolan, Vitri, dkk. 2018. Peranan Media Sosial Instagram dalam Interaksi Sosial Antar Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UNSRAT Manado. ACTA Diurna Komunikasi. Vol. 7 No. 4
Nasrullah, Rulli dan Novita Intan Sari. 2012. Komik sebagai Media Dakwah: Analisis Semiotika Kepemimpinan Islam dalam Komik “Si Bujang”. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies. Vol. 6 No. 1
Nasution, S. 1992. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito
Nur, Lintang dan A. Wathon. 2018. Peran Media Pembelajaran Speaker Terhadap Minat Belajar Siswa." Sistim Informasi Manajemen. Vol. 1 No. 1
Nurfadhillah, Septy dan 4A Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tangerang Tahun 2021. 2021. Media Pembelajaran (Tangerang: CV Jejak)
Nurfadhillah, Septy dan 4A Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tangerang Tahun 2021. 2021. Media Pembelajaran. Tangerang: CV Jejak
Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal misykat. Vol. 3 No. 1
Pakpahan, Andrew Femando, dkk. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran (Medan: Yayasan Kita Menulis)
Pawartani, Transita dan Intan Sari Rufiana. 2024. Merajut Bahasa, Seni, dan Numerasi Melalui Pengembangan Cerita Bergambar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol. 9 No. 2
Pitoy, Anastasia D., dkk. 2021. Efektivitas Dental Health Education Menggunakan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar. e-GiGi. Vol. 9 No. 2
Pramudito, Aria. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Standar Kompetensi Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut di SMK Muhammadiyah 1 Playen. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol. 1 No. 1
Pratiwi, Wulandari dan Riza Yonisa Kurniawan. 2020. Penerapan Media Komik Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 3 No. 1
Purba, Ramen A, dkk. 2020. Pengantar Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis
Purnawan, Puji. 2014. Perbedaan Minat Membaca Antara Siswa yang Belajar Menggunakan Media Buku Cerita Bergambar 2 Dimensi dan yang Belajar Menggunakan Media Buku Cerita Bergambar 3 Dimensi Siswa Kelas 3 SD Negeri Mendungan 1 Yogyakarta. Artikel Jurnal
Pustaka, Redaksi Tangga. 2009. UUD 45 & Perubahannya. Jakarta: PT. Tangga Pustaka
Putri, Rizkiana, dkk. 2021. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Film Animasi Upin dan Ipin. Jurnal Educatio Fkip Unma. Vol. 7 No. 3
Ratnasari, Nur. 2023. Analisis Minat Belajar Siswa Kelas IX MTs di Tengapadange dalam Pembelajaran Matematika Melalui Aplikasi Geogebra. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro. Vol. 1 No. 2
Renaldi, Frisna Septian. 2024. “Implementasi Buku Cerita Bergambar (Komik) untuk Meningkatkan Minat Baca Santri”. Hasil Observasi: 15 Juli 2024, Pondok
Riyadi, Salamat. 2019. Pemanfaatan Media Video dengan Model Pembelajaran TTW pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Materi Mengenal Huruf Hijaiyah di Kelas 1 SDIT Al Qonita Palangka Raya. Diss. IAIN Palangka Raya
Riyana, Cepy. 2009. Media Pembelajaran (Bandung: CV Wacana Prima)
Rosadi, Fitriani dan Naura Akhlakul Nurul Karimah. 2022. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Komik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah. Vol. 1
Rusby, Zulkifli, dkk. 2017. Upaya Guru Mengembangkan Media Visual dalam Proses Pembelajaran Fiqih di MAN Kuok Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal Al-Hikmah. Vol. 14 No. 1
Ruswan, Acep, et al. 2024. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 8 No. 1
Salsabila, Unik Hanifah, dkk. 2020. Urgensi Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. Vol. 25 No. 2
Samaku, Hujair Ah Sanaky. 2013. Media Pembelajaran Intteraktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara
Santoso, Hari. 2011. Membangun Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Penyediaan Buku Bergambar. Artikel Perpustakaan UM
Sinamo, Junita dan Julita Herawati. 2023. Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini Menggunakan Buku Cerita Bergambar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora. Vol. 2 No. 3
Siwi, Fine dan Nicky Dwi Puspaningtyas. 2020. Penerapan Media Pembembelajaran Kognitif dalam Materi Persamaan Garis Lurus Menggunakan Video di Era 4.0. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik. Vol. 1 No. 1
Sodikin, Ahmad, dkk. 2023. Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Media Audio Visual di SMP. JUPIN (Jurnal Pendidikan Islam Nusantara). Vol. 2 No. 2
Soedarso, Nick. 2015. Komik: Karya Sastra Bergambar. Jurnal Humanioria. Vol. 6 No. 4
Strauss, Anselm dan Juliet Corbin. 1997. Terj. HM Djunaidi Ghony. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif Prosedur, Tehnik, dan Teori. Surabaya: Bina Ilmu Ofset
Sudarti, Dwi Okti. 2019. Kajian Teori Behavioristik Stimulus dan Respon dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Tarbawi. Vol. 16 No. 2
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2005
Sulistyo, Ahmad Catur dan Triono Ali Mustofa. 2024. Efektivitas Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Pembelajaran Fiqih di SMP Muhammadiyah. Didaktika: Jurnal Kependidikan. Vol. 13 No. 2
Sumiati, Ni Ketut dan Luh Ayu Tirtayani. 2021. Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. Vol. 9 No. 2
Sumiharsono, Rudy dan Hisbiyatul Hasanah. 2017. Media Pembelajaran (Jember: CV Pustaka Abadi)
Triana, Mega, dkk. 2020. Pengembangan Media Big Book Alfabet untuk Memfasilitasi Kemampuan Mengenal Huruf Alfabet Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Paud Agapedia. Vol. 4 No.1
Ulan, Dari. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V di SDN 01 Penawar Rejo. Diss. UIN Raden Intan Lampung
Umar, Zemita dan Zulfitria Zulfitria. 2024. Implementasi Penggunaan Media Cetak sebagai Sumber Bahan Ajar di Tengah Gempuran Bahan Ajar Bebasis Digital. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 2 No. 6
Wardani, dkk. 2024. Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP). Vol. 4 No. 1
Warsita, Bambang. 2007. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Teknodik. Vol. 1 No. 20
Wicaksono, A. dkk. 2020. Pengembangan Media Komik Komsa Materi Rangka pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran. Vol. 10 No. 2
Yanuarti, Eka. 2017. Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan Kurikulum 13. Jurnal penelitian. Vol. 11 No. 2
Yuanta, Friendha. 2017. Pengembangan Media Audio Visual Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar. Ibriez. Vol. 2 No. 2
Yunia, Nisda. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Biologi Berbasis Nilai Karakter pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan untuk Kelas VIII MTs Negeri 1 Bandar Lampung, Diss. IAIN Raden Intan Lampung
Yusuf, Nabila Nufaiza, dkk. 2024. Integrasi Legenda urban dalam Model Pembelajaran Menulis Cerita Fantasi di SMP. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra. Vol. 10 No. 3