IMPLEMENTASI METODE YANBU’A UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MAHASANTRI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN RADEN INTAN LAMPUNG

Penulis

  • Etika Afdila Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Umi Hijriyah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Baharudin Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Uswatun Hasanah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.35897/studipesantren.v5i1.1666

Kata Kunci:

Yanbu'a, Mahasantri, Ma'had, Al-Qur'an

Abstrak

Kembali diberlakukannya keputusan rektor teruntuk mahasiswa beasiswa KIP Kuliah agar menetap di Ma’had al-Jami’ah memberikan penemuan terbaru, yaitu tidak semua mahasiswa beasiswa pandai membaca al-Qur’an, hal ini menjadi salah satu bukti nyata bahwasanya banyak dari mahasiswa UIN Raden Intan Lampung yang masih belum bisa membaca al-Qur’an, serta menimbulkan adanya perubahan dalam proses implementasi metode yanbu’a di Ma’had al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode yanbu’a di Ma’had al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an mahasantri, khususnya mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah yang diwajibkan menetap di Ma’had al-Jami’ah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptip dengan jenis penelitian lapangan, dan Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.

Temuan penelitian ini adalah metode yanbu’a mampu memberikan perubahan yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an mahasantri yang notabanenya non pesantren dan nilai awal membaca al-Qur’annya cukup rendah. Berdasarkan hasil wawancara dengan mahasantri dan juga mu’alim/ah pengampu halaqoh terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran al-Qur’an menggunakan metode yanbu’a. Kurikulum di Ma’had al-Jami’ah mencakup berbagai kegiatan akademik dan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan skill mahasantri baik secara akademis dan moral. Pengaplikasian metode yanbu’a di Ma’had al-Jami’ah telah mencapai tujuannya untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an mahasantri.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adzzaki, K. U. (2023). Implementasi Metode Bandongan Pada Pembelajaran Kitab Kuning Raden Intan Lampung 1444 H / 2023 M.

Aji Fitra Jaya, S. (2019). Al-Qur’an Dan Hadis Sebagai Sumber Hukum Islam.

Badran, M., Sayekti, S. P., & Rohman, D. (2023). Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Di Pondok Pesantren Hubbul Qur’anیلیب. Nucl. Phys., 13(1).

Choliyah, Siti Ayamil, & Mas’ud, M. (2015). Peningkatan Prestasi Belajar Membaca Al-Qur’an Dengan Metode Yanbu’a Siti Ayamil Choliyah Muhammad Mas’ud.

Chotimah, C., Lilawati, E., Zulfah, M. A., Roziqin, M. K., Ulya, U. S., Mushoffy, A., & Fadhilah, U. M. (2022). Pengenalan Baca Tulis Dan Menghafal Al Qur’an Metode Yanbu’a Pada Guru TPQ Di Desa Ngogri Megaluh. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Fakhiroh, I. Z., Nikmah, S. S., Triristina, N., Qolbiyyah, S., & Irfan, M. (2022). Aplikasi Metode Yanbu ’ A Dalam Meningkatkan Pembelajaran Membaca Al – Qur’an Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Darul Ulum.

Fatah, A., & Hidayatullah, M. (2021). Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al Qur’an Di Pondok Pesantren Darul Rachman Kudus. Jurnal Penelitian.

Khadafi, I. (2022). Efektivitas Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Mahasantri Pada Pembelajaran Al Qur’an Di Ma’had Al Jami’ah Uin Raden Intan Lampung.

Mamlu’ah, A., & Diantika2, D. E. (2018). Metode Yanbu’a Dalam Penanaman Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Pada Santri Tpq At-Tauhid Tuban. Al Ulya.

Palufi, A. N., & Syahid, A. (2020). Metode Yanbu’a Sebagai Pedoman Membaca Al-Qur’an. Attractive : Innovative Education Journal.

Rahmawati, R. D., & Aisyah. (2021). Penerapan Metode Yanbu ’A Pada Program Tahfidz Al Qur ’An di Pondok Pesantren Hasbullah Tambak Beras. Jurnal Education And Development.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-20

Cara Mengutip

Etika Afdila, Umi Hijriyah, Baharudin, & Uswatun Hasanah. (2025). IMPLEMENTASI METODE YANBU’A UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MAHASANTRI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Jurnal Studi Pesantren, 5(1), 64–78. https://doi.org/10.35897/studipesantren.v5i1.1666