PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI PESANTREN DALAM MENCIPTAKAN SANTRI UNGGUL DAN MANDIRI

Penulis

  • Noer Rohmah a:1:{s:5:"en_US";s:36:"Institut Agama Islam Al-Qolam Malang";}
  • Roihanah Institut Agama Islam Al-Qolam Malang

DOI:

https://doi.org/10.35897/studipesantren.v2i2.795

Abstrak

Proses pengembangan kurikulum di pesantren salah satunya di arahkan kepada pembentukan santri yang memiliki karakter unggul dan mandiri sebagai indikator antara lain adalah taat beribadah, berakhlak mulia, memiliki integritas, mampu bekerja sama secara baik, tidak tergantung pada orang lain dan lain sebagainya. Salah satu cara mewujudkannya adalah dengan menerapkan kurikulum berbasis kompetensi yaitu kurikulum yang menekankan pada munculnya “kemampuan“ yakni kemampuan untuk menjalani hidup melalui penerapan dan pengembangan pengetahuan, keterampilan dan sikapnya. Sehingga pesantren mampu menghasilkan para santri yang tidak hanya ahli di bidang agama tapi juga memiliki keahlian lain dengan tetap memiliki karakter unggul dan mampu mandiri. Jika ribuan santri yang telah tersebar dikepulauan Indonesia ini telah dididik untuk bisa mandiri maka akan terwujud masyarakat yang mandiri dengan demikian akan sangat menopang tegaknya bangsa yang mandiri.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Atmaja, Bagus. Rekonstruksi Pendidikan Pesantren dengan Membangun Budaya Ilmiah dan Islamisasi Sains. (Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan, Balitbang dan Diklat Kementrian Agama RI, 2010)

Depdiknas, Kurikulum Berbasis Kompetensi. (Jakarta:Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas, 2002)

Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren, cet. 2 (Jakarta: Mizan)

E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Bandung; Ramaja Rosdakarya,2002)

Fatoni, Sulthan, Peradaban Islam; Desain Awal Peradaban, Konsolidasi Teologi, Konstruk Pemikiran dan Pencarian Madrasah (Jakarta: eLSAS, 2006)

Geertz, Clifford, The Javanese Kijaji: The Changing Role of a Cultural Brokers “Comparative studies on Society” vol.2 (Cambridge, 1960)

Ghozali, M. Bahri, Pesantren Berwawasan Lingkungan, (Jakarta : Prasasti, 2003)

Gordon D & Jeannette Vos, Revolusi Belajar,(Bandung: Kaifa, 2001)

Haedari, Amien, Pesantren dan Peradaban Islam, (Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan, Balitbang dan Diklat Kementrian Agama RI, 2010)

Majid, Abdul & Dian Andayani,Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, (Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004),(Bandung: PT. Remaja RosdaKarya)

Mas’ud, Abdurrahman, Sejarah dan Budaya Pesantren (Jakarta : Erlangga, 2002)

Miller, John P and Seller, Wayne, Curriculum Perspective and Practice. New York: Longman, 1985

Muhaimin. Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam, Pemberdayaan, Pengembangan Kurikulum hingga Redifinisi Islamisasi Ilmu Pengetahuan. Bandung: Nuansa, 2010

Stenbrink, Karel A., Pesantren, Madrasah, Sekolah Pendidikan Islam dalam Kurun Modern, (Jakarta : LP3S, 1986)

Wahid, Abdurrahman, Islam Kosmopolitan; Nilai-Nilai Indonesia dan Transformasi Kebudayaan (Jakarta: The Wahid Institute Seeding Plural and Peaceful Islam, 2007)

Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter, Konsepsi dan Aplikasinya dalam lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2011

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-26

Cara Mengutip

Rohmah, N., & Roihanah. (2022). PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI PESANTREN DALAM MENCIPTAKAN SANTRI UNGGUL DAN MANDIRI. Jurnal Studi Pesantren, 2(2), 32–48. https://doi.org/10.35897/studipesantren.v2i2.795