IMPLEMENTASI E LEARNING PADA PELAJARAN PAI DALAM PEMBENTUKAN EQ PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.35897/studipesantren.v2i2.800Kata Kunci:
Islamic Education, e-Learning, EQAbstrak
Pendidikan Islam berarti sistem pendidikan yang mampu memberikan kemampuan pada seseorang untuk memimpin kehidupannya sejalan cita-cita sekaligus berbagai nilai Islam yang sudah menjiwai serta menghiasi corak kepribadiannya. Istilah pendidikan Islam ialah sistem kependidikan yang meliputi semua aspek kehidupan yang diperlukan hamba Allah, secara duniawi maupun ukhrawi.
“Pendidikan Islam memiliki tujuan membentuk kepribadian sebagai khalifah Allah SWT atau setidaknya mempersiapkan ke arah langkah yang merujuk kepada tujuan akhir. Tujuan yang dimaksud dikembangkan dan diwujudkan atas dasar tiga unsur sifat dasar manusia, yakni : 1. tubuh, 2. ruh serta 3. akal yang masing-masing harus dijaga
Berbagai emosional bisa timbul dalam diri misalnya sedih, kecewa, benci, marah, gembira, cinta. Sebutan yang di berikan pada emosi tersebut akan mempengaruhi bagaimana anak berfikir dan bertindak mengenai perasaan tersebut. Oleh karena itu perlu adanya implementasi ilmu pendidikan \agama Islam dalam membentuk EQ(emosional Quantum)
Keberhasilan akan di dapatkan jika ilmu pengetahuan khususnya pendidikan agama Islam yang telah di dapatkan disekolah,, dan didalam keseharian menggunakan alat elektronik untuk kegiatan yang positif treutama untuk pengetahuan Agama seperti menontonm you tube, zoom, meeting dll yang di sebut E learning
E-Learning merupakan sebuah kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan alat elektronik yang memiliki koneksi kepada internet sebagai media penyampaian pelajarannya kepada siswa. Alat elektronik tersebut dapat berupa komputer atau smartphone..hal hal yang positif di peroleh di simpan dalam pikiran dan di ingat, di bentuk serta di terapkan, dilatih agar tetap di ingat dan menjadi pengetahuan di dalam pikirannya, maka terbentuk sebuah keberhasilan yang di dapat di dalam dirinya.
Unduhan
Referensi
Abdul Mujib Dan Jusuf Mudzakir. (2011). Nuansa-Nuansa Psikologi Islam, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011)
Abdullah, M. Amin. (1995). Falsafah Kalam Di Era Post Modernisme, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Abdurrahman Saleh Abdullah, (1994). Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an. (Terjemah, H. M Arifin dan Zainuddin), (Jakarta : Rieneka Cipta). cet. ke-2
Ari Ginanjar Agustian. (2011). The Islamic Guide to Dveloping ESQ, edisi 2, Arga Publishing Jakarta
Armai Arief. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta : Ciputat Pers)
Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran, (Bandung, Alfabeta)
Azyumardi Azhara. (2012). Pendidikan Islam Tradisi Dan Modernisasi Di tengah Tantangan Melenium III. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group)
Choirul Fuad Yusuf. (2007). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (SMP), (Jakarta: PT. Erdino Mutiara Agung)
Deni Darmawan. (2012). Inovasi Pendidikan Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online, Cetakan 1(Bandung, PT Remaja Rosdakarya)
Deni Darmawan. (2014). Pengembangan E-Learning Teori dan Desain, Cetakan 1 (Bandung, PT Remaja Rosdakarya Offset)
E. Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional, (Bandung: PT. Remaja Rosyadakarya Offest)
H. M. Arifin. (2005). Ilmu Pendidikan Islam , (Jakarta : Bumi Aksara)
Mulyana dkk. (2001). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Rosdakarya
Munawar, Budhy Rachman. (2015). Pendidikan Karakter Pendidikan Menghidupkan Nilai Untuk Pesantren, Madrasah, dan Sekolah. Jakarta: Allrigh Reserved
Nata, Abuddin. (2003). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Prenada Media
Nazir. (2011). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia