A KONSEP PENDIDIKAN HOLISTIK DI PESANTREN: ANALISIS TERHADAP PEMIKIRAN IMAM AL-GHAZALI

KONSEP PENDIDIKAN HOLISTIK DI PESANTREN: ANALISIS TERHADAP PEMIKIRAN IMAM AL-GHAZALI

Penulis

  • Ricki Yakup Tukiyah Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Betty Maulirosa Bustan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.35897/studipesantren.v4i1.811

Kata Kunci:

Pendidikan, Holistik, Pesantren, Al Ghazali

Abstrak

Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia yang masih memiliki peran besar dalam mensukseskan program pendidikan Islam. Namun sangat disayangkan bahwa tidak semua pesantren mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. Sehingga hal tersebut menjadikan pendidikan Islam cenderung tertinggal. Namun di lain sisi tidak sedikit pesantren yang sudah mampu beradaptasi dengan sangat baik dengan perkembangan zaman, hal ini karena pesantren tersebut telah melaksanakan pendidikan holistik dalam kurikulumnya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang didasarkan pada kajian kepustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan konsep pendidikan holistik di pesantren serta korelasinya dengan pemikiran imam al-Ghazali. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa konsep pendidikan holistik Islam di Pesantren sejalan dengan pemikiran imam al-Ghazali yang bertujuan untuk membentuk insan yang paripurna.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adhim, F. (2020). Arah Baru Manajemen Pondok Pesantren. Literasi Nusantara.

Agus, H. Z. (2018). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Al-Ghazali. 3, 21–38.

al-Ghazali, M. (2005). Ihya ’Ulumu al-Din. Dzar Ibnu Hazm.

Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. PT Remaja Rosdakarya.

Dahuri, O., & M.Nida’, F. (2015). Pesantren-pesantren Berpengaruh Di Indonesia. Erlangga.

Hendrajaya, J., Natsir, N. F., & Jaenudin, M. (2019). Implementasi Manajemen Holistik Dalam Pendidikan Islam Di Pondok Pesantren Al Hamidiyah Depok Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 1(2), 153–172. https://doi.org/10.47467/reslaj.v1i2.106

KBBI. (2008). Arti kata holistik - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Pusat Bahasa. https://kbbi.web.id/holistik

Khatib, S. (2018). Konsep Maqasid al-Syari’ah : Perbandingan Pemikiran al-Ghazali dan Shatibi. Mizani : Wacana Hukum, Ekonomi Dan Keagamaan, 5(1), 47–62.

Kholik, N. (2020). Terobosan Baru Membentuk Manusia Berkarakter Di Abad 21: Gagasan Pendidikan ... - Nur Kholik, S.PdI., M.S.I - Google Buku. Edu Publiser. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=7EXODwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA121&dq=tesis+pendidikan+holistik&ots=SArCV8coh_&sig=ROY_P7utxIVGIojGbysBR3UE0Vw&redir_esc=y#v=onepage&q=tesis pendidikan holistik&f=false

Ma`arif, M. A., & Rusydi, I. (2020). Implementasi Pendidikan Holistik Di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(1). https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i1.598

Musfah, J. (2015). Membumikan Pendidikan Holistik. 2.

Muttaqin, Z. (2021). Pemikiran Ekonomi Islam. In A. Tryawan (Ed.), Sejarah Pemikrian Islam (pp. 167–180). Media Sains Indonesia.

Nasrudin, M., Harun, H., Salim, A., & Dimyati, A. (2021). Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu KeIslaman. 11, 69–84.

Nurahaman. (2020). Konsep Pendidikan Imam al-Ghazali dan Relevansinya dengan Pendidikan di Indonesia. As Salam.

Primarni, A., Hi, S., Al-mawardi, T., Al-hasany, A. H., & Al-hasany, A. H. (2013). Pendidikan holistik.

Rofiq, A., & As Siddik, M. F. (2015). Pembinaan Karakter Dalam Pendidikan Islam Holistik Berbasis Pesantren. Cendekia, 13(2), 158–159.

Rouf, M. (2016). Memahami Tipologi Pesantren dan Madrasah sebagai Lembaga Pendidikan Islam Indonsesia. Tadarus, 1, 68–92.

Shodiq, A. (2020). Pengembangan Kurikulum Pesantren Muadalah (2nd ed.). Literasi Nusantara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (16th ed.). Alfabet.

Sutopo. (2013). Pemikiran Imam al-Ghazali tentang Ekonomi. Ummul Qura, 3(2), 49–58.

U.Baisa, Y., A.Hertantyo, R., & Abdillah, A. (2022). Pengantar Kepengasuhan Lembaga Pendidikan Islam. Gazzamedia.

Widyastono, H. (2012). Muatan Pendidikan Holistik dalam Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(4), 467. https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i4.102

Wulandari, F., Hidayat, T., & Muqowim. (2021). Konsep Pendidikan Holistik Dalam Membina Karakter Islami. 5(September 2021), 157–180.

Zaini, A. (2016). Pemikiran Tasawuf Imam Al-Ghazali Pemikiran Tasawuf Imam Al-Ghazali. Akhlak Dan Tasawuf, 2.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-02

Cara Mengutip

Tukiyah, R. Y., & Betty Maulirosa Bustan. (2024). A KONSEP PENDIDIKAN HOLISTIK DI PESANTREN: ANALISIS TERHADAP PEMIKIRAN IMAM AL-GHAZALI: KONSEP PENDIDIKAN HOLISTIK DI PESANTREN: ANALISIS TERHADAP PEMIKIRAN IMAM AL-GHAZALI . Jurnal Studi Pesantren, 4(1), 17–28. https://doi.org/10.35897/studipesantren.v4i1.811